ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zeni Rofiqoh
Rochmad Rochmad
Ary Woro Kurniasih

Abstract

Artikel ini ditulis berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk memperoleh deskripsi kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X berdasarkan gaya belajar siswa dalam pembelajaran discovery learning. Subjek penelitian deskriptif
kualitatif ini adalah siswa kelas X MIA 3 MAN 2 Kudus. Pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya belajar menurut Kolb, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Analisis seluruh data dilakukan dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, verifikasi, triangulasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) siswa converger paling banyak jumlahnya di kelas X MIA 3, 2) siswa converger, diverger, accommodator, dan assimilator memahami masalah dengan mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan serta menjelaskan masalah dengan kalimat sendiri. Mereka membuat rencana dengan menyederhanakan masalah, mencari subtujuan, membuat eksperimen dan simulasi, serta mengurutkan informasi. Mereka melaksanakan rencana dengan mengartikan masalah dalam bentuk matematika dan melaksanakan strategi selama penghitungan berlangsung. Siswa converger dan assimilator melihat kembali tanpa mengecek penghitungan yang terlibat, siswa diverger tidak melihat alternatif penyelesaian yang lain dan tidak mengecek penghitungan yang terlibat, siswa accommodator mempertimbangkan bahwa solusi yang diperoleh logis, bertanya kepada diri sendiri apakah pertanyaan sudah terjawab, mengecek penghitungan yang dilakukan, membaca kembali pertanyaan, dan menggunakan alternatif penyelesaian yang lain

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rofiqoh, Z., Rochmad, R., & Kurniasih, A. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9344

References

Aljaberi, N. M. 2015. University Students’ Learning Styles and Their Ability to Solve Mathematical Problems. International Journal of Business and Social Science, Vol 6, No. 4 (1), 152-165.
Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 13 (2) , 1-10.
Cavas, B. 2010. A Study on Pre-service Science, Class, and Mathematics Teachers’s Learning in Turkey. Science Education International Journal, 21 (1), 47-61.
Eivers. E & Clerkin, A. 2012. PIRLS & TIMSS 2011. Dublin: Educational Research Centre.
Kolb,Y.A. & Kolb A. D. 2005. The Kolb Learning Style Inventory-Version 3.1. Ohio: HayGroup.
Litzinger & Osif. 1992. Accommadating Diverse Learning Styles: Designing Instruction For Elektronic Information Sources. MI : Pierian Press.
Miranda, F. 2006. How Can You Tell When Your Child Has Learning Problems? LD online. Tersedia di http://www.ldonline.org/ [diakses tanggal 5 Juli 2015].
Nugraheni, F., et al. Keefektifan Model Process Oriented Guided Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics, (3) (1) (2014), 1-7.
OECD. 2010. PISA 2009 results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Reading, Mathematics, and Science (Volume I). Tersedia di http//dx.doi.org/10.1787/9789264091450-en [diakses pada tanggal 6 Juli 2015].
Orhun, N. 2007. An Investigation into The Mathematics Achievement and Attitude towards Mathematics with respect to Learning Style According to Gender. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 38 (3), 321-333.
Ozgen K., et al. 2011. An Examination of Multiple Intelligence Domains and Learning Styles of Pre-Service Mathematics Teachers: Their Reflections on Mathematics Education. Educational Research and Reviews Journal, 6 (2), 168-181.
Peker, M. 2009. Pre-Service Teachers’ Teaching Anxiety about Mathematics and Their Learning Style. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 5 (4), 335-345.
Peker, M., Mirasyedioglu, S. 2008. Pre-Service Elementary School Teachers’Learning Styles and Attitudes towards Mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 4 (1), 21-26.
Polya, G. 1973. How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press.
Prasad, K. S. 2011. Learning Mathematics by Discovery. Academic Voices a Multidisplinary Journal, 1, 31-33.
Ramadan, et al. 2011. An Investigation of The Learning Style of Prospective Educators. The Online Journal of New Horizons in Education, 1, 1-6.
Richmond, A.S. & Cummings. 2005. Implementing Kolb’s Learning Style into Online Distance Education. International Journal of Technology in Teaching and Learning, 1, 45-54.
Tarzimah, T. & Meerah, T. 2010. Students’ Difficulties in Mathematics Problem-Solving: What do they say?. International Conference on Mathematics Education Research, 142-151.
Utami, W. N., et al. Keefektifan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Gallery Walk Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics, (3) (2) (2014), 1-6.