KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nor Soleh
Rochmad Rochmad
Supriyono Supriyono

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan penalaran deduktif siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada rata-rata kemampuan penalaran deduktif siswa kelompok kontrol, kemampuan penalaran deduktif siswa berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran MEAs, serta mengetahui kemampuan penalaran deduktif siswa dengan pembelajaran MEAs. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ulujami Pemalang tahun ajaran 2012/2013. Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel, yakni kelas VII H sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran MEAs dan kelas VII F sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan model pembelajaran CTL. Data penelitian ini berupa data kemampuan penalaran deduktif dan kemampuan pemecahan masalah yang diperoleh dengan metode tes. Data tersebut dianalisis dengan uji t dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan penalaran deduktif kelompok eksperimen lebih baik daripada rata-rata kemampuan penalaran deduktif kelompok kontrol. Kemampuan penalaran deduktif berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data kemampuan penalaran deduktif pada kelompok eksperimen diperoleh persentase kemampuan penalaran deduktif dari masing-masing indikator.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Nor Soleh, Semarang State University

Mathematics Departement

Rochmad Rochmad, Semarang State University

Mathematics Departement

Supriyono Supriyono, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Soleh, N., Rochmad, R., & Supriyono, S. (2014). KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i1.3434

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>