KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BENCANA ALAM BERVISI SETS TERINTEGRASI DALAM IPA DENGAN MEDIA ANIMASI DAN LEMBAR PERTANYAAN

F. Ferawati*(1), A. Rusilowati(2), Supriyadi -(3),


(1) Gdg. D7 Lt. 2 Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, 50229
(2) Gdg. D7 Lt. 2 Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, 50229
(3) Gdg. D7 Lt. 2 Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, 50229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keefektifan pembelajaran bencana alam banjir bervisi SETS terintegrasi dalam materi IPA pokok bahasan Perubahan Lingkungan Fisik dengan media animasi dan lembar pertanyaan sebagai solusi alternatif mengatasi rendahnya pemahaman masyarakat terhadap bencana alam banjir melalui pembelajaran formal sejak dini. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design dengan objek siswa kelas IV SD Tahun Ajaran 2010/2011. Hasil belajar siswa pada materi IPA, bencana alam banjir dan ketuntasan belajar dianalisis dengan uji signifikansi gain. Hasil analisis data menunjukkan siswa yang dikenai pembelajaran bencana alam banjir bervisi SETS terintegrasi dalam materi IPA dengan media animasi dan lembar pertanyaan lebih baik daripada siswa yang dikenai pembelajaran bencana alam banjir bervisi SETS terintegrasi dalam materi IPA dengan media LKS dan pertanyaan mandiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bencana alam banjir bervisi SETS yang terintegrasi dalam materi IPA pokok bahasan Perubahan Lingkungan Fisik dengan media animasi dan lembar pertanyaan lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep bencana alam dan IPA.


This study aims to determine the effectiveness of flood natural disasters learning based on SETS vision integrated to Science subject: Physical Environment Changes applying animation media and the question sheet as an alternative solution to overcome the lack of earlier understanding of society to flood natural disasters. Experimental research design: Control Group Pretest-posttest was used with fourth grade students of elementary school of Bandarharjo 02 academic year 2010/2011 used as the research object. Students’ learning outcomes of science: flood natural disasters topic and students’ achievement were analysed through the use of significance gain test. The results of the analysis of experimental data showed the experiment class achieved better outcomes and achievement than the controlled one. It can be concluded that flood natural disasters learning based on SETS vision integrated to Science subject: Physical Environment Changes applying animation media and the question sheet is effective.

Keywords

SETS; natural disasters floods; media animation

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2011. Rekapitulasi Bencana Tahun 2010.

Binadja, A. 1999. Pendidikan SETS Penerapannya pada Pengajaran. Makalah ini disajikan dalam Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan SETS untuk bidang sains dan non sains, kerjasama antara SEAMEO RESCAM dan UNNES, Semarang, 14-15 Desember 1999.

Furman, O. 2007. They Saw a Movie: Long-Term Memory For An Extended Audiovisual Narrative. Cold Spring Harbor Laboratory Press 14: 457-467.

Hake, R. 1998. Interactive-Engagement vs Traditional Methods: A six-Thousand-Students Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses, American Journal of Physics 66(1): 64-74. Tersedia di http://www.physics.indiana.edu/~sdi/ajpv3i.pdf [diakses pada tanggal 02 Maret 2011]

Leaslie, D. 2000. Interactive Worksheets in Large Introductory Physics Courses, The Physics Teacher 38: 164-167.

Mulyasa. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rusilowati dkk. 2010. Pembelajaran Kebencanaan Alam Bervisi SETS Terintegrasi dalam Mata Pelajaran IPA. Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2010. Membangun Profesionalisme Guru IPA melalui Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG): 34-35.

Spence, B. & Virginia C. 2008. DISASTER AWARENESS GAME: Technique for Evaluating, Promoting and Comparing Levels of Disaster Awareness Among Children. Jepang: Department of Civil Engineering Gunma University

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Yoruk, N., I. Morgil, N. Secken. 2010. The Effects Of Science, Technology, Society, Environment (Stse) Interactions On Teaching Chemistry. Natural Science 2(12): 1417-1424.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License