PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA UMUM I
(1) JL. Williem Iskandar Psr V Medan Estate
(2) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan (Unimed), Indonesia
(3) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan (Unimed), Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana  nilai pemberian tugas  dan hasil belajar serta aktivitas  mahasiswa selama perkuliahan  Fisika Umum I melalu pemanfaatan sumber belajar berbasis CTL. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika kelas C angkatan 2010/2011 sebanyak 36 orang yang mengikuti matakuliah Fisika Umum I. Instrumen yang digunakan selama penelitian adalah; (1) tes hasil belajar, (2) lembar aktivitas.(3) tugas- tugas yang diambil dari buku-buku pada  perpustakan dan tugas yang ada  pada bahan ajar, (4) membuat riset mini di laboratorium. Dalam penelitian ini digunakan dua siklus yakni siklus I meliputi materi vektor dan kinematika partikel, sedangkan pada siklus kedua meliputi materi dinamika partikel.Hasil penelitian diperoleh aktivititas belajar mahasiswa Fisika Umum I, termasuk katagori  baik (81,59), sedangkan hasil belajar yang dicapai pada siklus I cenderung berada pada tingkat katagori cukup baik (71,94), dan hasil belajar pada siklus II cenderung berada pada tingkat katagori baik (82,13). Melalui inovasi pembelajaran dengan model pembelajaran melalui  pengoptimalan pemanfatan penggunaan sumber belajar berbasis CTL cukup baik untuk mengefektifkan dan memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar perkuliahan Fisika Umum I.
Â
This study describes the marks of assignment, student learning outcomes and activities for General Physics I course through the use of CTL-based learning resources. This classroom action research used sample of 36 students of physics education-class C, academic year 2010/2011taking  the course of General Physics I. The instruments used for the study were: (1) achievement test, (2) the activity sheet, (3) assignments that were taken from books in the library and there was the assignment of teaching materials, and (4)a mini research in the laboratory. This study used two cycles: the first cycle conducted vectors and particle kinematics materials, whereas in the second cyclewere particle dynamics. The results showed that students studying activity of General Physics I was ingood category (81.59), while the learning outcomes achieved in the first cycle was tent to be  in a good at the category level (71.94).The learning outcome in the second cycle was tent to be at the level of good category (82.13). It was concluded that innovative teaching and learning through optimization of resource utilization using CTL-based learning was good enough and provides a significant impact on learning outcomes lecture of General Physics I
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Jakarta: Depdiknas, Ditjen Dikti
Daulay Pardamean. 2009 . Pemanfaatan ICT Center Dalam Peningkatan Akses Sumber Belajar Bagi Mahasiswa Universitas Terbuka, Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 10, Nomor 1, 18-29
Daradoumis.T, . MartÃnez.A, and Xhafa,F. 2006 .A Layered Framework for Evaluating Online
Collaborative Learning Interactions. International Journal of Human-Computer Studies. 64(7): 622-635 .
Johnson, E.B. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press, Inc. Press, Inc., California USA., ISBN: 10: 0761978658
Gurusinga, P., dan Sinuraya, J.B. 1997. Pembuatan Model Pembelajaran Berdasarkan Teori Gal’perin untuk Meningkatkan Efektifitas Perkuliahan Fisika Dasar I di FPMIPA IKIP Medan, Laporan Penelitian Dana Rutin, tidak diterbitkan. Medan: FMIPA Universitas Negeri Medan .
Mc.Bridge, J.W, Muhammad I.B, Mohammad A.H, and MartinF.2004.Usingan Inquiry ApproachtoTeach Science to Secondary School Science Teachers. 39(5):434-439 Physics Education
Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung ,Remaja Rosdakarya.
Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nur, M dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Planinsic, G. 2007. Project Laboratory for First Students. , 28, S 71- S82 ,European Journal of Physics
Slocum , LE., Towns,M.H., and Zeelinski ,T.J.2004 . online chemistry modulu Interaction and effective faculty facilitation , Journal of chemical Education 81 : 1058-1065 .
Seufert.S, Lechner.U, and Stanoevska..K .2002. A Reference Model for Online Learning Communities. International Journal on E-Learning. 1(1): 43 - 54 .
Sinuraya, J. 2006. Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik TPS (think pair share) dalam upaya meningkatkan hasil belajar mata kuliah Fisika Umum 1bagi mahasiswa Jurusan Fisikam FMIPA Unimed. Laporan Teaching Grand A2, tidak diterbitkan. Medan: Jurusan Fisika FMIPA Unimed
Sinuraya, J., Sinulingga, K., dan Simatupang, S. 2005. Peningkatan Kemampuan Awal Mahasiswa Tahun Pertama Melalui Penerapan Prinsip CTL dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Fisika Dasar I di Jurusan Fisika FMIPA Unimed, Laporan Penelitian, Dana Dikti, Tidak diterbitkan. Medan: FMIPA Unimed.
Sinuraya, J. 2004. Penerapan Model Pembelajaran CTL dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dasar I Bagi Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Unimed. Laporan Teaching Grant Dana Semi Que V, Tidak diterbitkan. Medan: FMIPA Unimed.
Sanjaya, Wina .2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, Pernada Media Group
Spring . 2009. Contextualized Teaching & Learning. A Faculty Primer. A Review of Literature and
Faculty Practices with Implications for California Community College Practitioners.
Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Widodo, W. 2002. Pengajaran Dan Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Wasis. 2006. Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Sains-Fisika SMP
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License