INDEPENDENT LEARNING STRATEGY OF NATURAL SCIENCE WITH “ONE DAY ONE DIARY FOR SCIENCE” PROGRAM
(1) SMPN 7 Semarang Jl. Imam Bonjol 191 A Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
Abstract
Learning behavior and metacognitive skill of students affect cognitive value and level of understanding of each student. The application of the "One Day One Diary for Science" program is needed in learning to train students' metacognitive skills and independence in learning science. This study was performed to find out the learning behavior, the development of metacognitive skills, and both relation. The study was conducted by observation, interview, and documentation on 33 junior high school students. The result of the study was analyzed the domain, taxonomy, components, and culture growth, so the data of learning behavior and metacognitive skill of students based on the score level can be obtained. Based on data analysis, learning behavior and metacognitive skill on a higher grade is higher than the other classes. There is a strong correlation between learning behavior and metacognitive skills.
Perilaku belajar dan kemampuan metakognitif siswa mempengaruhi nilai kognitif dan tingkat pemahaman setiap siswa. Penerapan program “ One Day One Diary for Science” diperlukan dalam pembelajaran sains untuk melatih kemampuan metakognitif dan kemandirian siswa dalam belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku belajar, perkembangan kemampuan metakognitif, dan hubungan keduanya. Penelitian dilakukan dengan cara pengambilan data melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi serta triangulasi data dengan cara memperpanjang lama pengamatan pada 33 siswa Sekolah Menengah Pertama. Hasil penelitian dianalisis dengan analisis domain, taksonomi, komponensial, dan temuan budaya, sehingga diperoleh data perilaku belajar sains dan kemampuan metakognitif siswa berdasarkan tingkatan kelas. Berdasarkan analisis data, perilaku belajar sains dan kemampuan metakogntif pada kelas atas lebih tinggi dibandingkan kelas lain. Terdapat hubungan yang kuat antara perilaku belajar dan kemampuan metakognitif
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R.I. (2007). Learning to Teach (7th). Translated by Helly P. S. & Sri M. S.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cubukcu, F. ( 2008). Enhancing vocabulary development and readingcomprehension through metacognitive strategies. Issues in Educational Research, 18 (1). Tersedia di http://www.iier.org.au/iier18/cubukcu.html [diakses 27-1-2015].
Fauziyah, D.R., A.D. Corebima, & S. Zubaidah. (2013). Hubungan Keterampilan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share di SMA Negeri 6 Malang. Biology Education. Tersedia di http://jurnal- online.um.ac.id/artikel-artikel.pdf [diakses 2-11-2014].
Isaacson R.M. & F. Fujita. 2 006. Metacognitive Knowledge Monitoring and Self-Regulated Learning: Academic Success and Reflections on Learning. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 6(1): 39-55.
Junaedi, E. (2013). Penerapan Pembelajaran dengan Menggunakan Jurnal Belajar untuk meningkatkan Prestasi Belajar Bangun Ruang pada Siswa SMP Negeri 10 Malang Kelas VIII-H. Mathematics education. Tersedia di http://jurnalonline.um.ac.id/artikelartikel3DF65EF8EE8D5ED8E9F.pdf [diakses 2-11-2014].
Lai. E. R. ( 2011). Metacognition: A Literature Review. Laporan Penelitian. Pearson’s Research. Tersedia di http://www.pearsonassessments.com [diakses 20-12-2014].
Moleong, L.J.( 2005). Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murtadho, F. (2013). Berpikir Kritis dan Strategi Metakognisi:AlternatifSarana Pengoptimalan Latihan Menulis Argumentasi. Makalah dipresentasikan pada 2nd Internasional Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE).
Septiyana, K., Andreas, P. B. P. & Wulan, C. (2013). Jurnal Belajar sebagai Strategi Berpikir Metakognitif pada Pembelajaran Sistem Imunitas. Unnes Journal of Biology Education, 2(1). Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujeb [diakses 18-9-2014].
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparso, E. (2013). Pemanfaatan Bahan Ajar Berbentuk Cerpen Fisika untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hukum Newton pada Siswa Kelas X MA Negeri Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional PIF XXV, Unnes Semarang.
Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License