PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN OPTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMANTULAN CAHAYA PADA SISWA KELAS VIII

A. Sambudi(1), - Mosik(2),


(1) Jl. Raya Banyumas - Buntu No. 15, Jawa Tengah 53192
(2) 

Abstract

Papan optik merupakan alat peraga yang dapat digunakan guru sebagai alat bantu dalam mengajarkan materi pemantulan
cahaya. Penggunaan papan optik dapat memberikan visualisasi jalannya sinar-sinar istimewa hingga membentuk suatu bayangan
dan menggambarkan letak serta ukuran bayangan. Penelitian ini bertujuan memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran
di kelas pokok bahasan pemantulan cahaya dengan menggunakan alat peraga papan optik, serta mendeskripsikan tingkat
keberhasilan penggunaan alat peraga papan optik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus
pembelajaran. Pada siklus I, materi yang disampaikan adalah sifat-sifat cahaya dan pemantulan cahaya pada cermin datar.
Metode pembelajaran yang digunakan pada siklus I adalah diskusi dan demonstrasi. Pada siklus II, materi yang disampaikan
adalah pemantulan cahaya pada cermin cekung dan cermin cembung. Metode pembelajaran yang digunakan pada siklus II adalah
diskusi dan eksperimen dengan panduan LKS. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode
diskusi dan eksperimen dengan panduan LKS lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode diskusi dan demonstrasi.
Penggunaan alat peraga papan optik pada pokok bahasan pemantulan cahaya meningkatkan hasil belajar kognitif.

 

Optical board can be used as a teaching aid when teachers teach a topic of reflection in geometrical optic. This usage can give a
visualization of prime light’s' track in constructing an image, showing the place and the size. This research aimed to improve and
regain the practical work in geometric optical teaching by using an optical board as a teaching aid, try to describe it’s effectiveness.
This study was done through a two cycle's class action research in the first cycle, topics in light characteristics and reflection on
plane mirror was taught, through demonstrations and discussion. In the second cycle, the topics are reflection on curvature mirrors.
The methods used in this cycle were discussed, and worksheet guided experimental works. The study proves that the student’s
learning achievement which is taught using the discussion method and worksheet guided experimental works is better than
discussion and demonstration merely. The usage of optical board on geometrical optic increases the student cognitive
achievements.

Keywords: optical board; learning achievement; light reflection

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License