PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATAKULIAH PILIHAN FISIKA ZAT PADAT MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA MELALUI MODEL STAD DAN STRATEGI SELF-EXPLANATION

P a r n o -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matakuliah pilihan Fisika Zat Padat mahasiswa prodi Pendidikan Fisika melalui pembelajaran model STAD dengan strategi Self-Explanation. Penelitian ini menggunakan disain kuasi eksperimen rancangan nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model STAD dengan strategi Self-Explanation mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, yang ditandai oleh gain score ternormalisasi rata-rata kelas eksperimen 0,601 (kategori medium) lebih tinggi daripada kelas kontrol 0,445 (kategori medium); dan mahasiswa kelas model STAD dengan strategi belajar Self-Explanation memiliki peningkatan prestasi belajar lebih tinggi secara signifikan daripada kelas model STAD tanpa strategi belajar. Penelitian menghasilkan effect size 0,95 kategori jauh lebih besar daripada biasa. Di samping itu, mahasiswa kelas eksperimen memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran lebih tinggi daripada kelas kontrol.

 

The aim of the study is to improve students’ achievement on Solid State Physics through use of the STAD learning model applying Self-Explanation strategy. The study used quasi-experimental with non-equivalent control group design. The result showed that the STAD model applying Self-Explanation strategy can improve students’ achievement.  Experiment class attained the average of normalized gain score of 0.601 (medium category), while those gained by control class was 0.445 (medium category). Experiment class students have higher achievement than control class. This research has effect size of 0.95 showing larger category than typical one. In addition, experiment class students gave higher positive response than control class for learning process.


Keywords


STAD; Self-Explanation; achievement; Solid State Physics

Full Text:

PDF

References


Bao, L. 2006. “Theoretical comparisons of average normalized gain calculations”. Am. J. Phys. 74 (10), October 2006. pp. 917-922

Chi, M.T.H., VanLehn, K.A. 1991. “The Content of Physics Self-Explanations”. THE JOURNAL OF THE LEARNING SCIENCES l (1) 69-105

Ellianawati, & S. Wahyuni, S. 2010. “Pemanfaatan Model Self Regulated Learning sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri pada Matakuliah Optik”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol 6 No 1 2010

Etkina, E. 2005. “Physics teacher preparation: Dreams and Reality”. Journal of Physics Teacher Education Online, 3(2), December 2005. pp. 3-9.

Gall, M.D., Gall, J.P., and Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Allyn and Bacon

Hake, R. 1998. “Interactive-engagement vs traditional methods: a six-thousand-student survey of mechamics test data for introductory physics courses”. Am. J, Phys. 64-74.

Hasan, I. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara

Jackson, J., Dukerich, L., and Hestenes, D. 2008. “Modeling Instruction: An Effective Model for Science Education”. Science Educator. Vol. 17. No. 1. Spring 2008 pp. 10-17

Lamba, H.A. 2006. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD & Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA”. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 13, Nomor 2, Juni 2006.

Masykur, Khanafiyah, S., & Handayani, L. 2006. “Penerapan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Tata Surya pada Siswa Kelas VII SMP”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol 4 No 2 2006

Morgan, G.A., Leech, N.L., Gloeckner, G.W., & Barrett, K.C. 2004. SPSS for Introductory Statistics: Use and Interpretation. Second Edition. London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers

Nugroho, U., Hartono, & Edi, S.S. 2009. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol 5 No 2 2009

Parlan. 2003. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses & Hasil Belajar Kimia Organik III Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Laporan Penelitian tidak diterbitkan. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Parlan. 2006. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses & Hasil Belajar Kimia Kelas X SMAN 9 Malang. Laporan Penelitian tidak diterbitkan. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Parno. 2009. ”Pengaruh STAD terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Menguasai Materi Fisika Sekolah”. Jurnal Pendidikan Matematika & Sains (JPMS) FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 14, Nomor 2, November 2009.

Parno. 2010. “Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Zat Padat Mahasiswa melalui Pembelajaran Menggunakan Peta Konsep & Metode Diskusi”. FOTON: Jurnal Fisika dan Pembelajarannya, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Volume 14, Nomor 1, Februari 2010

Schraw, G. & Dennison, R.S. 1994. “Assessing Metacognitive Awareness”. Contemporary Educational Psychology, 19, 460-475

Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice (8-th Edition). Boston: Pearson.

Tajika, H., Nakatsu, N., Nozaki, H., Neumann, & E., Maruno, S. 2007. “Effects of Self-Explanation as A Metacognitive Strategy for Solving Mathematical Word Problems”. Japanese Psychological Research (2007), Volume 49, No. 3, 222–233

Ubaya. 2006. Panduan Pelaksanaan kegiatan & Sistem Evaluasi HPKP SMA 2006.

Wenning, C.J. 2003. “Change principles for departmentally-based physics teacher education programs”. Journal of Physics Teacher Education Online. 2 (1) September 2003 pp. 7-12

Wenning, C.J. 2006. “Framework for teaching the nature of science”. Journal of Physics Teacher Education Online, 3 (3), March 2006 pp. 3-10.

Woolfolk, A., Hughes, M., & Walkup, V. 2008. Psychology in Education. New York: Pearson Longman

Yuliati, L. 2005. “Pengembangan Program Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Awal Mengajar Calon Guru Fisika”. Disertasi Doktor Kependidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i2.2151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licensep-ISSN 1693-1246 e-ISSN 2355-3812