PENERAPAN VIRTUAL EXPERIMENT BERBASIS INKUIRI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN MAHASISWA
(1) Gdg. D7 Lt. 2 Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, 50229
(2) Gdg. D7 Lt. 2 Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, 50229
(3) Gdg. D7 Lt. 2 Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, 50229
Abstract
Mahasiswa sebagai calon guru fisika bertugas sebagi pilar bagi perkembangan fisika di masyarakat, oleh karena itu dituntut menguasai fisika dan kemandirian di dalam mempelajari fisika. Kemandirian mahasiswa yang rendah perlu dilatih melalui penelitian tindakan kelas yang bersiklus. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan mengembangkan kemandirian mahasiswa prodi Pendidikan Fisika melalui penerapan virtual experiment berbasis inkuiri pada pembelajaran Mekanika I Tujuan yang lain meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran inkuiri menggunakan virtual experiment  Penelitian  berlangsung tiga siklus, tiga pertemuan pada bahasan gerak parabola. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data hasil belajar kognitif  diperoleh melalui, tes dan lembar pengamatan untuk mengukur hasil belajar afektif dan psikomotorik. Hasil yang diperoleh kemandirian mahasiswa dapat berkembang dan terjadi pe-ningkatan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik mahasiswa prodi Pendidikan Fisika FMIPA Unnes semester III tahun 2011/2012
This three-cycle classroom action research was aimed to develop physics education student autonomy and to increase students’ cognitive, afective and psychomotoric achievements by applying inquiry virtual experiment on Mechanics I lecture. Each cycle consists of planning, action, observing and reflection activity. The cognitive data was collected by using test, while the affective and psychomotoric ones were collected by using observation sheet. The result showed an increase of student autonomy and students’ cognitive, affective and psycomotoric achievements of third semester students of physics education of FMIPA Unnes year 2011/2012.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anni, C.T., A. Rifa’i, E. Purwanto & D. Purnomo. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press
Arends,R.L. 1997. Classroom Instruction and Management . London: Mc Graw –Hill Book Co.
Arsyad, A. 2005. Media pembelajaran. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada.
Dahniar, N. 2007. Science Project sebagai Salah Satu Alternatif dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di SMP. Online. http://www.jurnaljpi.files.wordpress.com/2007/09/02f.[diakses 25/08/2011]
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Khan, Manzoor Ali. 2009. Teaching of Heat and Temperature by Hypothetical Inquiry Approach: A sample of inquiry teaching. Journal of Physics Teacher Education, 5(2): 43-64.
Lazzarowitz, R, and Tamir, P.1994. Research On Using Laboratory Instruc
tion in Science. Handbook of Research on Science Teaching and Learning. Editted by D.I. New York: Macmillan Publising Company
Luginbuhl, L. 2010. Self-Monitoring to Minimize Student Resistance to Inquiry. Journal of Physics Teacher Education, 5(3): 11-23.
Ibrahim. M. 2007. Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Buku Ajar Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya)
Mayub, A. 2005. e-learning Fisika Berbasis Macromedia Flash MX. Graha Ilmu:Yogyakata.
Norwati, M.Y., Zaini, Amir. 2007. Analisis Deskriptif e-Forum dalam pembelajaranKursus Terjemahan di University Kebangsaan Malaysia. GEMA Online Journal of language Studies. 7(2) : 59-61.
Parno,Dharmayanti,.Dwitya P.N.2008. Desain dan Implementasi Laboratorium Maya ( V-Lab)Aplikasi Modul Lensa Optik Untuk membantu Praktikum Fisika. Jurnal Informatika Komputer. 13(1) : 28-33.
Purbo, O.W. 2001. Teknologi e-learning. PT Elex Media Komputindo: Jakarta
Rapi, N. K. 2008. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, 41(1): 170-185.
Soedarsono. 2000. Penyemaian Jati Diri. Jakarta: Gramedia
Sopiah,S.Wiyanto., Sugianto. 2009. Pembiasaan Bekerja Ilmiah Pada Pembelajaran Sains Fisika Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(1): 20-27
Suhandi. 2008. Efektifitas Penggunaan Media Simulasi Virtual Pada Pendekatan Pembelajaran Konseptual Interaktif Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Meminimalkan Miskonsepsi. Laporan Penelitian: LP2M Universitas Pendidikan Indonesia
Taulina, D.W. 2009. Penerapan Metode Inkuiri Dipadu dengan Reciprocal Teaching pada Mata Pelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Aktivitas Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Malang. Jurnal Cendikia, 2(1): 11-22.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License