MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA PERKULIAHAN FISIKA LINGKUNGAN UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN
(1) Gdg. D7 Lt. 2 Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, 50229
(2) Gdg. D7 Lt. 2 Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, 50229
Abstract
Kepedulian lingkungan adalah salah satu indikator nilai untuk pendidikan budaya dan karakter bangsa yang telah ditentukan oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kepedulian lingkungan dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa, melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada  mata kuliah Fisika Lingkungan. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan menggunakan pretest- postest experimental design. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur sikap kepedulian lingkungan, lembar observasi untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika lingkungan yang dilaksanakan dengan model problem based instruction dapat meningkatkan sikap kepedulian lingkungan dan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah.
Â
Environmental awareness is one of value indicators for culture and nation character education determined by Kementrian Pendidikan Nasional. The aim of this research was to increase environmental awareness attitude and problem-solving ability of student through the application of Problem Based Instruction on Fisika Lingkungan subject. The research design used was quasi experimental with pretest-postest experimental design. The research instruments were questionnaire to measure environmental awareness attitude and observation sheet to measure problem-solving ability of student. The result of this research showed that the application of problem based instruction on Fisika Lingkungan subject can increase environmental awareness attitude and problem-solving ability of student.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisendjaja, Y.H. 2008. Metodologi Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Biologi. FPMIPA UPI
Ayse, O & Sertac, A. 2011. Overviews On Inquiry Based and Pro blem Based Learning Me-thods. Westerrn Anatolia Journal of Educational Ssience. Special Issue: 303-309
Dwijananti, P & Yulianti, D. 2010. Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 6(2). Juli 2010. Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang : 108-114
Harlen, W. 1992. The Teaching of Science. London: David Fulton Publisher.
Ibrahim Bilgin, Erdal Senocak & Mustafa Szbilir. 2009. The Effect of Problem Based Learning Instruction on University Studens’ Performance of Conseptual and Quantitative Problems in Gas Concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Tecnology Education. 5(2) : 153-164
James, S. A. & Stapp, W.B. 1974. Environmental Education. New York: John Willey & Sons
Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta
Mulyani, S.E.S. 2000. Hubungan Antara Latar Belakang Pendidikan Formal, Pengetahuan Lingkungan dan Peran Serta Wanita dalam Usaha Pelestarian Lingkungan. Jurnal Ilmu Pendidikan 7(2). Mei 2000.
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: Grasindo
Saifuddin Azwar, MA, Drs. 2008. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Edisi ke 2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Wesnawan, G.A. 2004. Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan melalui Pembelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Singaraja. No 1 tahun XXXVII Januari 2004
Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Wood, E.J. 2004. Problem-Based Learning: Exploiting Knowledge of How People Learn to Promote Effective Learning. BEE-J. Volume 3 May : 3-5
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License