Pembuatan Media Pembelajaran Pengukuran Viskositas dengan Menggunakan Viskometer Dua Kumparan dan Freewave3

M. R. S. Shanti, A. Oktaviara, A. Sutresno, N. A. Wibowo

Abstract


Saat ini banyak cara dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran yang dirancang sendiri oleh guru. Pada penelitian dirancang media pembelajaran yaitu mengukur viskositas oli menggunakan metode viskositas bola jatuh dengan memanfaatkan dua kumparan sebagai sensor pendeteksi. Dimana dua kumparan dihubungkan dengan osiloskop dan hasilnya diolah menggunakan software freewave3. Dengan memberikan sinyal sinusoidal pada kumparan dan menjatuhkan bola kedalam tabung yang berisi fluida, akan didapatkan informasi perubahan tegangan saat bola tepat melewati kumparan. Dari data yang terekam pada software freewave3 dapat dihitung besar kecepatan terminal bola. Kecepatan terminal bola ditentukan dengan menghitung gradien dari grafik jarak terhadap waktu. Sehingga didapatkan nilai viskositas oli sebesar ?=0.85 Ns/m2. Lembar kerja siswa diuji cobakan pada beberapa mahasiswa dan didapatkan 87,5% mahasiswa menganggap bahwa pengukuran viskositas dengan menggunakan viskometer dua kumparan adalah hal baru bagi mereka, mudah diikuti, mempermudah dalam memahami dan menghitung viskositas fluida, dan memotivasi mereka dalam belajar fisika.

Nowadays, there are many ways done to improve quality of learning by taking benefits from learning media designed by teacher. In this research, a viscosity measurement learning media was designed by applying two coils as transducer. Two coils were connected to osciloscop and the result was managed by freeware3 software. By giving sinusiodal signal to the coils dan droping ball into the tube containing oilt, an information of voltage change at the time of the ball passes the coil will be gathered. From the recorded data, the ball terminal velocity can be found by calculating the slope of distance-time graph, with the result of ?=0.85 Ns/m2. Student worksheets were distributed to several students and it was found that 87,5 % of the students considered that the measurement was a new thing for them , easy to follow , make them easier to understand and calculate the viscosity of the fluid , and motivate them to learn physics.


Keywords


viscosity, terminal velocity, two coils, fluid

Full Text:

PDF

References


Afif Yuli Candra Prasetya dan Suliyanah. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Dengan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Perpindahan Kalor DI SMA Negeri 1 Kedungadem BOJONEGORO. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Unnesa, Vol 2 No (1).

Budianto A. 2008. Metode Kekentalan Zat Cair dengan menggunakan Regresi Linear Hukum Stokes. Disajikan dalam Seminar Nasional IV SDM Teknologi Nuklir Yogyakarta tanggal 25-26 Agustus.

Eunike R.Dade. 2012. Pengukuran Viskositas Menggunakan Alat Suntik(Spoit) dan Mouse Optik. Skripsi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Ganci, S.2013. RC Circuit Experiment. Journal Physics Education. Vol 29. No 3. Article Number 06

Jill A. Marshalland James T. Dorward. 2000. Inquiry experiences as a lecture supplement for preservice elementary teachers and general education students. American. Journal. Physics. Vol 68 , S 27

Made Rai Suci Shanti. 2010. Penggunaan Strategi POE ( Prediction Observation Explanation) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kemampuan Intelektual . Thesis Pasca sarjana Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Molly Johnson. 2001. Facilitating High Quality Student Practice In Introductory Physics. Journal American Assosiation of Physics Teachers.

Paul Suparno. 2007. Metode Pembelajaran Fisika Konstruktivistik Dan Menyenangkan. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Roy H., M. R. S. Shanti, A. Setiawan. 2013. Penentuan Batas Maksimal Penambahan Kontaminasi Air pada Oli murni untuk Memenuhi Standar Kelayakan Bahan Bakar. Jurnal Ketenaga listrikan dan Energi Terbarukan.

Stefanus H.S, 2012, Pengukuran Viskositas bola jatuh Dengan Mikrokontroller ATMega 8535, Skripsi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Suciati, Wahyu S dan Surtono, Arif. 2009. Pemanfaatan Sensor Koil Sebagai Setektor Pencatat Waktu Pada Viscometer Metode Bola Jatuh Berbasis Komputer. Jurnal sains dan teknologi, Universitas Lampung.

Viktor Carles. 2011. Pemanfaatan Kamera Digital Sebagai Media Pembelajaran. Skripsi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Wiggert David dan Potter Merle. 2008. Mekanika Fluida. Jakarta: Erlangga.

Yaakov Kraftmaker. 2007.Experiment And Demonstrations in Physiscs Bar-llan Physics laboratory. Worlds scientific Publishing Co.Pte.Ltd




DOI: https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licensep-ISSN 1693-1246 e-ISSN 2355-3812