Pengaruh Tingkat Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Literasi Kuantitatif Mahasiswa Calon Guru Matematika

Yani Setiani, Isna Rafianti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan visual-spasial terhadap literasi kuantitatif mahasiswa calon guru matematika. Metode penelitian ini menggunakan penelitian korelasional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan matematika semester V tahun ajaran 2017/2018. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini maka peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kecerdasan visual spasial dan literasi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan visual-spasial mahasiswa calon guru matematika tergolong tinggi, sedangkan rata-rata literasi kuantitatifnya tergolong sedang. Selain itu kecerdasan visual-spasial memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi kuantitatif.

Kata Kunci: Kecerdasan Visual-Spasial; Literasi Kuantitatif

Keywords

Kecerdasan Visual-Spasial; Literasi Kuantitatif

References

AAC&U. (2009). Quantitative Literacy Value Rubric. [Online].Tersedia: http://www.aacu.org/value/rubrics/pdf/QuantitativeLiteracy.pdf. [26 September 2016].

Armstrong, T. (2002). 7 Kinds of Smart. Jakarta: Gramedia.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, B.N. (2004). Basic Econometrics. Edisi ke-4. New York: McGraw-Hill Companies.

Kemp, M. (2003). Critical numeracy: helping people to decide. Proceedings of the International Conference The Decidable and the Undecidable in Mathematics Education.

Kosko, K. W., & Wilkins, J. L. (2011). Communicating quantitative literacy: An examination of open-ended assessment items in TIMSS, NALS, IALS, and PISA. Numeracy, 4(2), 3.

Kusumah, Y S. (2011). Literasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA: PengembanganPembelajaran MIPA Berorientasi Soft Skill. Bandar Lampung.

Kosa, T. (2008). The Effects of Virtual And Physical Manipulatives On Students Spatial Visualization Skills. 8th International Educational Technology Conference. Eskisehir, Turkey. Online: http://yess4.ktu.edu.tr (diakses tanggal 13 juli 2017)

Maier, P. H. (1996). Spatial geometry and spatial abilityHow to make solid geometry solid. In Selected papers from the annual conference of didactics of mathematics (pp. 63-75).

Mc Cartney, K. & Philips, D. (2008). Blackwell Handbook of Early Childhood Development. Singapore: C.O.S. Printers Pte. Ltd.

OECD. (2007). PISA 2006 science competencies for tomorrows world. Paris, France. Vol 1.OECD.

Pujiastuti, H. (2014). Pembelajaran Inquiri Co-Operation Model Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi, dan Self-Esteem Matematis Siswa SMP. Disertasi Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: Tidak Diterbitkan.

Sevgi, L. (2006). Speaking with Numbers: Scientific Literacy and Public Understanding of Science. Turk J ElecEngin.14 (1), pp. 33-40.

Skalicky, J. (2004). Quantitative Literacy in a Reform-based Curriculum and Implications for Assessment. AARE 2004 International Education Research Conference Paper Abstract. Melbourne.

Speth E. B., et.al. (2010). 1, 2, 3, 4: Infusing Quantitative Literacy into Introductory Biology. CBElife Sciences Education, Vol. 9,PP. 323332. Maret.

Subroto, T. (2016). Kemampuan Spasial (Spatial Ability). Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika Pengembangan Keterampilan Berpikir serta Pembinaan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Sebelas April Sumedang, 07 April 2017.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yilmaz, H. B. (2009). On the Development and Measurement of Spatial Ability. International Journal Electric of Elementary Education. Online: Vol. 1, Issue 2 (http://www.iejee.com/1_2_2009/yilmaz.pdf), diakses 1 April 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.