Pengaruh Bahan Ajar Geometri Dasar Berbasis Penemuan Terbimbing terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Nurain Suryadinata, Nego Linuhung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar geometri dasar berbasis penemuan terbimbing terhadap prestasi belajar mahasiswa tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Metro. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yaitu semua anggota populasi menjadi sampel sebanyak 28 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t-tes yaitu dengan melihat perubahan signifikan sebelum menggunakan bahan ajar dengan sesudah menggunakan bahan ajar geometri dasar yang dikembangkan, kemudian digunakan juga N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bahan ajar geometri dasar berbasis penemuan terbimbing terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika pada mata kuliah Geometri Dasar.

This study aims to determine the effect of basic geometry teaching materials of guided discovery-based on student achievement in 2017/2018 academic year. This research was carried out in the Mathematics Education Study Program, Teaching and Education Faculty, Muhammadiyah Metro University. The sampling technique uses saturation sampling, that is, all members of the population become a sample of 28 students. The data analysis technique used is paired sample t-test that is by looking at significant changes before using teaching materials after using the basic geometry teaching materials developed, then used ­N-Gain. Based on the results of data analysis it can be concluded that there is an influence of guided discovery-based basic geometry teaching materials on the learning achievement of students of mathematics education study program in the Basic Geometry course.

Keywords

effect; basic geometry; guided discovery; teaching materials

Full Text:

PDF

References

Alwi, I. (2015). Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Jurnal Formatif, 2 (2), 140-148.

Arynda, A., Susanto, S., & Dafik, D. (2012). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VIIF Semester Ganjil SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Ajaran 2012/2013. KadikmA, 3(3), 123-132.

Amri, S., dan Ahmadi, K. (2010). Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya

Fitriyah, D. N., Santoso, H., & Suryadinata, N. (2018). Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning melalui Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Elemen, 4 (2), 145-158.

Gordah, E. K., & Astuti, R. (2014). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Model Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 3 (2), 136-146.

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Association of Physics Teachers, 66 (1), 64-74.

Lavine, R.A. (2012). Guided Discovery Learning. Dalam Seel, N.M. Encyclopedia of the Sciences of Learning. Springer.

Leffudin. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18-29.

Oladejo, M.A.; Olosunde, G.R.; Ojebisi, A.O.; & Isola, O.M. (2011). Instructional Materials and Students’ Academic Achievement in Physics: Some Policy Implications. European Journal of Humanities and Social Sciences, 2 (1), 112-126.

Prabowo, A., & Ristiani, E. (2011). Rancang Bangun Instrumen Tes Kemampuan Keruangan Pengembangan Tes Kemampuan Keruangan Hubert Maier dan Identifikasi Penskoran Berdasar Teori Van Hielle. Kreano, 2(2), 72-87.

Rizki, S., dan Linuhung, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual dan ICT. Aksioma, 5 (2), 137-144.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadinata, N., & Linuhung, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dasar Berbasis Penemuan Terbimbing. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang. Jawa Barat, 29 September.

Sutopo. (2010). Penentuan Jumlah Sampel dalam Penelitian. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 17 (29).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.