Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Analisis Data Pada Mata Kuliah Statistik Dalam Meningkatkan Belajar Mandiri Mahasiswa

Nusrotus Sa'idah, Hayu Dian Yulistianti

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk modul praktikum yang digunakan dalam pembelajaran statistik penelitian. Prosedur pengembangan modul praktikum berbasis analisis data ini sesuai dengan pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah statistik lanjutan dengan jumlah 128 mahasiswa. Instrumen penelitian ini adalah modul praktikum atau bahan ajar, tes dan angket penilaian kualitas bahan ajar yang diisi oleh mahasiswa. Desain penelitian ini adalah eksperimental dengan pola pretest - postest desaign dengan uji analisis paired sample t-test. Hasil dari penilaian reviewer diperoleh kategori baik dengan skor rata-rata 38,41. Hasil uji kepraktisan oleh mahasiswa mendapatkan skor rata-rata 92,5 yang menunjukkan sangat baik atau praktis digunakan sebagai acuan sumber belajar mandiri pada perkuliahan statistik. Hasil penerapan pembelajaran menggunakan modul praktikum berbasis analisis data ini menunjukkan probabilitas 0,00 dengan signifikasi  0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan modul pembelajaran praktikum  dapat meningkatkan belajar mandiri mahasiswa.  Modul Praktikum berbasis analisis data  ini memeiliki kriteria tinggi pada kebenaran konsep dan struktur handout serta secara praktis digunakan oleh mahasiswa.

This research is a development research that aims to develop teaching materials in the form of a practicum module used in the study of research statistics. The procedure of developing the lab module based on this data analysis in accordance with the development of Borg & Gall. The subjects of this study are students who follow advanced statistics courses with the number of 128 students. The instrument of this research is teaching module or teaching materials, test and questionnaire of quality assessment of teaching materials filled by students. The design of this study was experimental with pretest-postest desaign pattern with paired sample t-test analysis. The results of reviewer ratings obtained good category with an average score of 38.41. The test results of practicality by the students get an average score of 92.5 which indicates very good or practical use as reference of independent learning resources in statistical lectures. The result of the application of learning using the module of practicum based on this data analysis shows the probability of 0.00 with significance <0.05 which means Ho is rejected and Ha accepted. The results of this analysis indicate that with the implementation of learning module module can improve student self study. The Practicum Module based on this data analysis has high criteria on the correctness of concept and handout structure and is practically used by students.

Keywords

Pengembangan; Modul Praktikum; Belajar Mandiri

References

Abela, J. (2009). Adult Learning Theories and Medical Education. A Review. Malta Medical Journal., 21(1), 11–18.

Amin, A.K. (2016). Analisis Bahan Ajar Modul Statistika Pada Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 1–8.

Ellianawati, & Wahyuni, S. (2010). Pemanfaatan Model Self-Regulated Learning sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri pada Mata Kuliah Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 329–339.

Haryanto, H., & Sari, W. (2012). Serious Game Berbasis Konsep Open World Sebagai Sarana Belajar Mandiri Dalam Pengenalan Bahasa Mandarin Untuk Anak. Techno. Com, 11(4), 202–210.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sufinah, S. Y., & Roviati, E. (2013). Penerapan Modul Praktikum Biologi Berbasis Produk untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Lemahabang Kab. Cirebon, 2 (November).

Swandhana, K., Churiyah, M., & Juariyah, L. (2016). Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa melalui Pengembangan Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 2(3), 161-169.

Thornton, K. (2009). Sharing Reflections: Enhancing Learners’ Experiences of Self-directed Learning. In JALT2009 Conference Proceedings. Tokyo.

Wardani, S dan Mudzalipah, I. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Memfasilitasi Belajar Mandiri Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika. Jurnal Pengajaran MIPA, 18, 167–177.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.