Kualitas Pembelajaran Kontekstual Siswa IPS Materi Program Linier yang Memiliki Kecemasan Belajar Matematika

Syaiful Bakhri, Anisa Fatwa Sari, Agustin Ernawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas siswa IPS dalam mengikuti pembelajaran kontekstual materi Program Linier dengan mempertimbangkan kecemasan belajar matematika. Penelitian ini dideskripsikan secara kualitatif. Penelitian ini melibatkan 29 siswa kelas XI IPS di salah satu SMA Negeri di Surabaya. Data diperoleh dari pengamatan, angket, tes dan wawancara sebagai pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran dikategorikan tidak berkualitas. Namun, hasil tersebut  lebih tinggi daripada kualitas pembelajaran yang umumnya terjadi di kelas yang sama.

This research aims to describe the quality in contextual teaching and learning of linier programming by considering the mathematics anxiety. It will be described qualitatively. The subject is 29 students of second graders (social) from one of state senior high school in Surabaya. The data is obtained by observation, questionnaire, test and interview. The result of research shows that the learning quality is categorized as bad. However, this result is 24% higher than the common learning quality at the same class.

Keywords

pembelajaran kontekstual ; kecemasan matematika

References

Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125-132.

Apriliani, L. R., & Suyitno, H. (2016). Kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan kecemasan matematika pada pembelajaran creative problem solving berteknik SCAMPER. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 131-138.

Astuti, W. D. (2016, Juli). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Project Based Learning pada Materi Program Linear untuk Siswa Kelas X SMK. Jurnal Pendidikan Matematika.

Denhere, C. (2015). Casual Attributions of Maths Anxiety Among Zimbabwean Secondary School – Learners. International Journal of Academic Research and Reflection, 3(1).

Fariha, M. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kecemasan Matematika dalam Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving (Studi Eksperimen pada Kelas X MAN Rukoh Kota Banda Aceh). Jurnal Peluang, 1(2).

Fitri, F., Helma, & Syarifuddin, H. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Gaol, N. T. L. (2016). Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Jurnal Buletin Psikologi. 24(1).

Harahap, T. H. (2015). Penerapan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Nurhasanah Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal EduTech, 1(1).

Hidayati, W. S. (2010). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Program Linier Siswa Kelas XI SMK Tribuana Jombang. Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Statistika.

Hidayati, Y. M. (2012, Februari). Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan dengan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(1).

Kadir, A. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. Dinamika ilmu, 13(1).

Lutfianto, M. (2017, April). Penilaian Kecemasan Matematika pada Mahasiswa Matematika Berbeasiswa Penuh. Jurnal Edukasi, 3(1).

Marsitin, R. (2013). Pendekatan Konstruktivisme pada Metode Diskusi. Jurnal Inspirasi Pendidikan.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustofa, Z., Susilo, H., & Al Muhdhar, M. H. I. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning melalui pendekatan kontekstual berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 885-889.

Pradeep, R. (2011). A Study of Mathematics Anxiety Amongst Primary Pre-service Teachers Enrolled in a Dutch Teacher Training Program. Thesis. Amsterdam: Universiteit Van Amsterdam.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Roslina, & Rahmadi. (2016). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Materi Perbandingan pada Siswa MTs Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Didaktik Matematika.

Santia, I. (2015). Representasi siswa SMA dalam memecahkan masalah nilai optimum berdasarkan gaya kognitif fild independent dan field dependent. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(1).

Widjaja, W. (2013). The Use of Contextual Problems to Support Mathematical Learning. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 4(2), 157-168.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.