Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Grup

Hanifah Hanifah, Agung Prasetyo Abadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah teori grup. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV kelas E Program Studi pendidikan Matematika FKIP UNSIKA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket konsep diri dan hasil akademik mahasiswa. Dari hasil analisis korelasi sederhana, diperoleh nilai koefisien korelasi antara konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa sebesar 0,41. Berdasarkan perolahan data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah teori grup.

The purpose of this research is to describe the corelation betwen self-concept with academic achievement college student in teori grup courses.This research is quantitative experiment with descriptive methode. The subject of this research is college student of Fourth Semester on E Class in Educational Faculty of Singaperbangsa University. The instrument of research is some self-concept questionnaire and academic achievement college student score. The result of simple corelation analysis is 0,41. Based on the data, it concluses that there is positive and significant corelation between self-concept and academic achievement college student in teori grup courses.

Keywords

Konsep Diri; Prestasi Akademik; Teori Grup

References

Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Ameliah, I. H. (2016). Pengaruh keingintahuan dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VII MTs Negeri I Kota Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1).

Astuti, E. P. (2010). Identifikasi Kesalahan Menyelesaikan Kalkulus Lanjut Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang, 1(2).

Burns, R. B. (1979). The self concept: in theory, measurement, development and behaviour. London: Longman.

Crocker, J., & Wolfe, C. T. (2001). Contingencies of self-worth. Psychological review, 108(3), 593.

Firmanto, A. (2010). Hubungan Konsep Diri dan Prestasi Belajar Siswa SMA Shalahuddin Malang. (Doctoral Dissertation) Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Handayani, F. (2013). Hubungan self efficacy dengan prestasi belajar siswa akselerasi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2).

Irawati, N., & Hajat, N. (2012). Hubungan antara harga diri (self esteem) dengan prestasi belajar pada siswa SMKN 48 di Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Econosains, 10(2), 193-210.

Jalaluddin, R. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Listiawati, E. (2015). Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Pada Konsep Grup. Jurnal APOTEMA, 1(2). 76-86.

Prasetyo, A. (2013). Pengaruh Konsep Diri dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal, Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Fakutas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., dan Ismaha. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas Dan Volume Balok Dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah SMP Islam Al-Ghazali Kelas VIII. Jurnal Fibonacci: Pendidikan Matematika dan Matematika, 31), 45-52.

Rensi, R., & Sugiarti, L. R. (2011). Dukungan sosial, konsep diri, dan prestasi belajar siswa SMP Kristen YSKI Semarang. Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2).

Rosmaiyadi. (2018). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Aljabar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Singkawang. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70.

Shavelson, R. J., Hubner, J. J., & Stanton, G. C. (1976). Self-concept: Validation of construct interpretations. Review of educational research, 46(3), 407-441.

Slamet, H. W. (2004). Problematika pengajaran kalkulus-1 mahasiswa semester awal. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 16(1).

Tisngati, U., & Meifiani, N. I. (2014). Pengaruh kepercayaan diri dan pola asuh orang tua pada mata kuliah teori bilangan terhadap prestasi belajar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 8-18.

Vandini, I. (2016). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.