Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict Observe Explain) Pada Materi Trigonometri

Asyifa Rahmawati, Dian Anggraini, Ruhban Masykur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis POE (Predict Observe Explain) yang layak, menarik dan efektiv pada materi trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap (define, design, develop, disseminate). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah produk berupa bahan ajar modul dengan model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) dengan perolehan hasil uji kelayakan sebesar 3,4 untuk validasi ahli materi dengan kriteria “sangat layak†dan 3,1 untuk validasi ahli media dengan kriteria “layakâ€. Hasil angket kemenarikan peserta didik diperoleh skor rata-rata sebesar 3,3 untuk kelompok kecil dengan kriteria “sangat menarik†dari 10 orang peserta didik dan 3,3 untuk uji kelompok besar dengan kriteria “sangat menarik†dari 30 orang peserta didik. Hasil uji efektivitas memperoleh skor sebesar 0,72 di SMAN 5 Bandar Lampung dan 0,70 untuk MAN 2 Bandar Lampung yang keduanya memiliki kriteria “tinggiâ€. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul berbasis POE (Predict Observe Explain) pada materi trigonometri efektif diterapkan untuk jenjang SMA/MA.

This research aims to produce a POE-based module (Predict Observe Explain) that is feasible, interesting and effective in trigonometric material. This research is a development research using a 4-D model consisting of 4 people (defining, designing, developing, disseminating). The results obtained from this study are products consisting of module teaching materials with the POE learning model (Predict Observe Explain) by agreeing to the feasibility test results of 3.4 for the validation of material experts with criteria "very valuable" and 3.1 for media expert validation with a "Worthy" proposal. The results of the students' attractiveness questionnaire obtained an average score of 3.3 for small groups with the criteria of "very interesting" from 10 students and 3.3 for large group trials with the criteria "very interesting" from 30 students. The test score obtained a score of 0.72 at SMAN 5 Bandar Lampung and 0.70 for MAN 2 Bandar Lampung which was equipped to have the criteria of "high". Based on the results of data analysis it can be concluded that the development of a POE-based module (Predict Observe Explain) on trigonometric materials is effectively applied to the level of SMA / MA.

Keywords

Modul; POE (Predict Observe Explain);Trigonometri

References

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121-130.

Anisa, D. N., Masykuri, M., & Yamtinah, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, And Explanation) dan Sikap Ilmiah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Asam, Basa dan Garam Kelas VII semester 1 SMP N 1 Jaten tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 16-23.

Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1).

Farikha, L. I., Redjeki, T., & Utomo, S. B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Disertai Eksperimen pada Materi Pokok Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 95-102.

Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan modul berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan matematis pada perkuliahan kalkulus integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320-333.

Indriana, V., Arsyad, N., & Mulbar, U. (2015). Penerapan pendekatan pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 22 Makassar. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 51-62.

Khasan, K., Dafik, D., & Hobri, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Whole Brain Teaching Dengan Pendekatan Quantum Learning Pada Sub Pokok Bahasan Segitiga untuk SMP Kelas VII. Pancaran Pendidikan, 4(2), 143-152.

Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161-174.

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.

Mutlu, A., & Şeşen, B.A. (2016). Predict-Observe-Explain Tasks in Chemistry Laboratory: Pre-service Elementary Teachers’ Understanding and Attitudes. Sakarya University Journal of Education, 6(2), 184-208.

Netriwati, N. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahkan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181-190.

Putra, R. W. Y., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39-47.

Restami, M.P., Suma, K., & Pujani, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Rhosyida, N., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Modul Matematika SMK Bidang Seni, Kerajinan, dan Pariwisata Berbasis Open-Ended Problem sebagai Implementasi KTSP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35-47.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Yusnita, I., Maskur, R., & Suherman, S. (2016). Modifikasi model pembelajaran Gerlach dan Ely melalui integrasi nilai-nilai keislaman sebagai upaya meningkatkan kemampuan representasi matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 29-38.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.