Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Estimasi Matematika Ekonomi Melalui Permainan Tradisional Mpa’a Amba

Amirulmukminin Amirulmukminin, Kartin Aprianti

Abstract

Estimasi Matematika merupakan salah satu kompetensi dalam matematika yang berkaitan dengan kemampuan menaksir. Salah satu cara untuk melatih kemampuan estimasi dapat melalui strategi permainan tradisional Mpa’a Amba. Namun sebelum itu, dilakukan uji validitas dan reabel oleh dua ahli terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu RPP, LKS, BAS, dan Instrument kemampuan estimasi matematika. Setelah dilakukan penilaian, diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dan sangat reabel. Menggunakan Instrument tersebut, maka diperoleh pengajaran menggunakan strategi Mpa’a Amba khusus materi Aritmetika Sosial untuk meningkatkan kemampuan estimasi matematika pada siswa kelas VII sangat efektif karena diperoleh nilai ketika di ukur menggunakan rumus N-Gain termasuk kategori tinggi. Hal itu dilihat dari perbandingan nilai pre test dan post test. Bahwa peningkatan nilai pre test ke post test antara 66,67 hingga 233,33%.

Mathematical Estimation is one of the competencies in mathematics related to the ability to estimate. One way to practice estimation skills can be through the traditional Mpa’a Amba game strategy. But before that, validity and reliability tests were carried out by two experts on the learning tools developed, namely RPP, LKS, BAS, and Instrument of mathematical estimation ability. After the assessment, it was found that the learning tools developed were very valid and very reliable. Using these instruments, the teaching obtained using Mpa'a Amba's strategy specifically Social Arithmetic material to improve the ability of estimation in student’s the VII class is very effective because the value obtained when measured using the N-Gain formula is high. It was seen from the comparison of the pre-test and post-test scores. That the increase in the value of pre-test to post-test between 66.67 to 233.33%.

Keywords

Pengembangan; Perangkat Pembelajaran; Estimasi Matematika; Permainan Tradisonal Mpa’a Amba

References

Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77-89.

Aprianti, K. (2019, September). Permainan Tradisional Mpa’a Amba Sebagai Strategi Meningkatkan Kemampuan Estimasi Matematika Pada Materi Aritmetik Sosial. In Seminar Nasional Taman Siswa Bima (Vol. 1, No. 1, pp. 286-293).

Aulia, R.N. (2013). Rimpu: Budaya Dalam Dimensi Busana Bercadar Perempuan Bima. Jurnal Studi Al-Qur'an, 9(2), 94-108.

Borich, G.D. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.

Dewi, N. R., & Akhlis, I. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis pendidikan multikultural menggunakan permainan untuk mengembangkan karakter siswa. Unnes Science Education Journal, 5(1).

Grouws, D.A. (1992). Handbook for Research on Mathematics Teaching and Learning. New York: Macmillan Publishing Company

Hake, R.R. (2007). Design-Based Research in Physics Education Research: A Review, in A.E. Kelly, R.A. Lesh, & J.Y. Baek, eds. (in press), Handbook of Design Research Methods in Mathematics, Science, and Technology Education

Hariastuti, R. M. (2017). Permainan tebak-tebak buah manggis: Sebuah inovasi pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 25-35.

Ismail, H dan Malingi, A. (2012). Mpa’a Nge’e dan Mpa’a Kali Amba.

Kartono, K. (2008). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Rizal, M. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Estimasi Berhitung di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidikan dan Penerapan MIPA (pp. 29-34).

Patahuddin, S. M., & Rokhim, A. F. (2009). Website permainan matematika online untuk belajar matematika secara menyenangkan. Jurnal pendidikan matematika, 3(2).

Post, T. R. (Ed.). (1992). Teaching mathematics in grades K-8: Research-based methods. Boston: Allyn and Bacon.

Ratumanan, G.T. dan Laurens. (2006). Evaluasi hasil yang relevan dengan memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: CV Alfabeta

Ridwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Siswono. T.Y.E dan Rizal. Muh (2010). Kemampuan Estimasi Guru Sekolah Dasar dalam Operasi Hitung. Forum kependidikan, 30(1), 69-78.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.