Microsoft Form as a Scaffolding-Based Geometry Learning Media in Online Learning

Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah, Mayang Dintarini

Abstract

Geometry learning outcomes are lower than other mathematical fields, so media are needed to overcome students' difficulties solving geometry problems. This study aims to produce a product in online learning media for scaffolding-based geometry materials using Microsoft Form. There are three stages of Research and Development research, namely preliminary research, prototyping, and assessment. The validation results show that the scaffolding-based media developed is valid with a percentage of 76%. Field notes show that the scaffolding-based media developed can be used easily and practically by lecturers and students. A positive response was also given by 30 third semester students who used media in learning circle material. The test results showed that 73% of the total number of students scored no less than 70. Therefore, the scaffolding-based media developed was declared valid, practical, and effective in learning circle material.

Hasil belajar geometri lebih rendah dibandingkan bidang matematika lainnya, sehingga diperlukan media untuk mengatasi berbagai kesulitan siswa dalam menyelesaikan permasalahan geometri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran online materi geometri berbasis scaffolding menggunakan Microsoft Form. Tiga tahapan penelitian Research and Development penelitian ini yaitu penelitian pendahuluan, pembuatan prototipe, dan asesmen. Hasil validasi menunjukkna bahwa media berbasis scaffolding yang dikembangkan valid dengan persentase 76%. Catatan lapangan menunjukkan media berbasis scaffolding yang dikembangkan dapat digunakan dengan mudah dan praktis oleh dosen maupun mahasiswa. Respon positif juga diberikan oleh 30 mahasiswa semester 3 yang menggunakan media pada pembelajaran materi lingkaran. Hasil tes menunjukkan bahwa 73% dari jumlah mahasiswa mendapatkan nilai tidak kurang dari 70. Oleh karena itu media berbasis scaffolding yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran materi lingkaran.

Keywords

Development; Geometry; Learning Media; Microsoft; Scaffolding

Full Text:

PDF

References

Agus, I., & Hadi, A. La. (2020). The Responses of Mathematics Pre-Service Teachers Toward Online Lectures in the Covid-19 Era. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 113–119.

https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i2.584

Ario, M., Annajmi, A., & Isharyadi, R. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Kalkulus Diferensial Berbasis Pen Tablet. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1129–1142.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.363

Ayu, H. D., Pratiwi, H. Y., Kusairi, S., & Muhardjito, M. (2017). Developing E-Scaffolding To Improve The Quality Of Process And Learning Outcomes. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2), 334–347.

https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.14863

Ekawati, T., Anggoro, Sri, B., & Komarudin. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Terintegrasi Nilai-Nilai KeislamanKomarudin., Anggoro, Sri, Bambang., Ekawati, Tia. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 184–192.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1826

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51.

https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v8i1.

Fonna, M., & Mursalin, M. (2018). Pengembangan Modul Geometri Analitik Bidang Berbantuan Wingeom Software untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 1(1), 1–6.

Hadiyanto, F. R., & Wulandari, N. P. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas VII dalam. Mandalika Mathematics and Education Journal, 1(2), 81–86.

Hardjito, N. (2019). Peran Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Ditinjau Dari Prespektif Pendidikan Progresif. Jurnal Teknodik, 8(14).

https://doi.org/10.32550/teknodik.v8i14.593

Hikmah, S. (2020). Efektifitas E-Learning Madrasah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di MIN 1 Rembang. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 4(2), 73–85.

https://doi.org/10.37730/edutrained.v4i2.81

Inganah, S., & Zukhrufurrohmah, Z. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Guided Discovery Learning Pada Matakuliah Aljabar Linier. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 39–45.

https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7496

Intan, N., & Masriyah, M. (2020). Pemberian Scaffolding Terhadap Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi himpunan. MATHEdunesa, 9(1), 221–230.

https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p221-230

Iqbal, M., Simarmata, J., Feriyansyah, F., Tambunan, A. R. S., Sihite, O., Gandamana, A., Eza, G. N., Kurniawan, F., Asiah, A., Rozi, F., Faisal, F., Manurung, I. F. U., Ihwani, M., Nathan, P. L. A., Sitanggang, N., Simbolon, N., Simanjuntak, E. B., & Limbong, T. (2018). Using Google form for student worksheet as learning media. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(3.4 Special Issue 4), 321–324.

https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.29.13646

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56.

https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kresna, N., Hidayat, & Fiantika, F. R. (2017). Analisis Proses Berfikir Spasial Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. Analisis Proses Berpikir Spasial Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar, 1(1), 385.

http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/134

Lestari, W. I., & Putra, E. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–141.

https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379

Lindsay, B. (2020). How to Insert Math Equations in Google FormsTM - Lindsay Bowden. Web Blog. https://lindsaybowden.com/how-to-insert-math-equations-in-google-forms/

Lubis, R. R., Hasibuan, N., Winarsih, R., & Irawati, I. (2020). Model-Model Permainan Aud Di Rumah (Studi Deskriptif Di Tk Aisyiyah Kp Dadap Selama Masa Pandemi Covid-19). Kumara Cendekia, 8(3), 300–316.

https://doi.org/10.20961/kc.v8i3.44224

Miatun, A., & Khusna, H. (2020). Pengaruh geogebra online berbasis scaffolding dan tingkat self regulate learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 124–136.

https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.34499

Microsoft. (2021a). Create a math quiz in Microsoft Forms. Microsoft.

https://support.microsoft.com/id-id/topic/create-a-math-quiz-in-microsoft-forms-24965e20-47f5-4a96-b853-c49dab873fb6?ui=id-id&rs=id-id&ad=id

Microsoft. (2021b). Menggunakan logika bercabang di Microsoft Forms - Dukungan Office. Microsoft.

https://support.microsoft.com/id-id/office/menggunakan-logika-bercabang-di-microsoft-forms-16634fda-eddb-44da-856d-6a8213f0d8bb

Mulyadi, I., & Muhtadi, D. (2019). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Gender. JP3M : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(1), 1–8.

Plomp, T., Nieveen, N., Bannan, B., & Kelly, E, A. (2010). An Introduction to Educational Design Research (T. Plomp & N. Nieveen (eds.); 3rd ed.). SLO.

Pratama, R.A., & Ismiyati, N. (2019). Pembelajaran matematika berbasis edmodo pada mata kuliah teori bilangan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2).

Pratama, Riyo Arie, & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975

Prayitno, A., Kaka, R., & Hamid, A. (2018). Pemberian Scaffolding Berdasarkan Kesalahan Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 161–172. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.161-172

Puspitasari, N. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid 19 Pada Guru SD Negeri Dukuhwaru 01. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(2).

https://doi.org/10.31942/mgs.v11i2.3943

Reiser, B. J., & Tabak, I. (2014). Scaffolding. In The Cambridge Handbook of the Learning Sciences, Second Edition (pp. 44–62).

https://doi.org/10.1017/CBO9781139519526.005

Salyers, V., Carter, L., Cairns, S., & Durrer, L. (2014). The Use of Scaffolding and Interactive Learning Strategies in Online Courses for Working Nurses: Implications for Adult and Online Education. Canadian Journal of University Continuing Education, 40(1), 1–19.

https://doi.org/10.21225/d59s3z

Susilowati, R. D., Sutama, S., & Faiziyah, N. (2020). Penerapan Podcast pada Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1).

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p68-78

Utami, D. N., Kusmanto, B., & Widodo, S. A. (2019). Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Geometri. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1), 37.

https://doi.org/10.25273/jems.v7i1.5290

Widjajanti, K., Nusantara, T., As’Ari, A. R., & Irawati, S. (2019). The timing of scaffolding characteristics in mathematics learning. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1), 1–8.

https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012105

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 347–356. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.470

Wondo, M. T. S., Mei, M. F., & Seto, S. B. (2020). Penggunaan Media Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Ruang untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2). https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12049

Yasa, A. D. (2018). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Stm (Sains, Teknologi Dan Masyarakat). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 21–26. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5899

Yunus, A. M., Wahyuning, E., & Suroyo, S. (2017). Reduksi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Icas Dengan Pemberian Teknik Scaffolding Berdasarkan Hasil Pemetaan Kognitif. Jurnal Pendidikan, 17(1), 1–9. https://doi.org/10.33830/jp.v17i1.246.2016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.