Analysis Of Student Learning Independence On Blended Learning Model

Ahmad Fadillah, Dian Nopitasari, Westi Bilda, Siti Asriah Immawati, Sigit Raharjo

Abstract

This research aims to describe students' learning independence in math learning in trigonometric materials. The method used in this study is a qualitative approach with descriptive methods. Participants in this study were students of SMK Avicena Tangerang Regency which amounted to 25 participants. The technique used in collecting data in this study is to provide a learning independence questionnaire consisting of 25 statements with 6 indicators. The data analysis technique used is with the student's answer percentage formula and is described using the criteria of interpreting the percentage of answers. The results of the analysis of each indicator of learning independence are: 1) Not dependent on others 78%, 2) Confidence 74%, 3) Disciplined behavior 70%, 4) Sense of responsibility 80%, 5) Learning initiative 72%, 6) Self-control 76%. The results showed that the overall average independence of students in learning by 75% with high categories. The results of this study provide recommendations to the school to support and optimize the improvement of student learning independence.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika pada materi trigonometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa SMK Avicena Kabupaten Tangerang yang berjumlah 25 partisipan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini ialah dengan memberikan angket kemandirian belajar yang terdiri dari 25 pernyataan dengan 6 indikator. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan rumus persentase jawaban siswa dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran presentase jawaban. Hasil analisis tiap indikator kemandirian belajar yaitu: 1) Tidak tergantung kepada orang lain 78%, 2) Kepercayaan diri 74%, 3) Perilaku disiplin 70%, 4) Rasa tanggung jawab 80%, 5) Inisiatif belajar 72%, 6) Pengendalian diri 76%. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata secara keseluruhan kemandirian siswa dalam belajar sebesar 75% dengan kategori tinggi. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak sekolah untuk mendukung dan mengoptimalkan peningkatan kemandirian belajar siswa.

Keywords

Blended Learning; Learning Independence

Full Text:

PDF

References

Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal On Education, 1(1), 14-21.

Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/Um038v2i22019p109

Amalia, P. R., Sukestiyarno, Y. L., & Cahyono, A. N. (2021). Problem-solving skill based on learning independence through assistance in independent learning with entrepreneurial-nuanced modules. UJMER, Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(1), 102-108.

Anggraini, A. J. (2014). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri I Parangtritis: Studi Kasus (Doctoral Dissertation). Universitas Negeri Yogyakarta.

Apriani, A. N., & Wangid, M. N. (2015). Pengaruh SSP tematik-integratif terhadap karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas III SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 12-25. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4061

Bilda, W., & Fadillah, A. (2020). An Analysis of Students in Independent Learning of Analytic Geometry During the COVID-19 Pandemic. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 4(2), 166–172. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2575

Blegur, J. (2020). Soft Skills Untuk Prestasi Belajar: Disiplin Percaya Diri Konsep Diri Akademik Penetapan Tujuan Tanggung Jawab Komitmen Kontrol Diri. Scopindo Media Pustaka.

Bungsu, T. kurniawan, Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). P Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal On Education, 1(2), 382-389.

Busiri, A. (2021). Strategi Belajar Metakognitif Bahasa Arab. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 106-119. https://Doi.Org/10.51339/Muhad.V3i2.381

Cahyono, C. (2015). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pkn Di Smk Pasundan 1 Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(2), 169–180. https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i2.23

Capone, R., De Caterina, P., & Mazza, G. A. G. (2017). Blended Learning, Flipped Classroom And Virtual Environment: Challenges And Opportunities For The 21st Century Students. Edulearn17 Proceedings, 1, 10478-10482. https://doi.org/10.21125/edulearn.2017.0985

Ceylan, V. K., & Elitok Kesici, A. (2017). Effect of blended learning to academic achievement. Journal Of Human Sciences, 14(1), 308-320. https://doi.org/10.14687/jhs.v14i1.4141

Chaplin, J. P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi ; Penerjemah Kartini Kartono. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 19.

Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual Approach Using Vba Learning Media To Improve Students’ Mathematical Displacement And Disposition Ability. Journal Of Physics: Conference Series, (Vol. 948, No. 1, P. 012025). IOP Publishing https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012025

Dhuha, S. Al, Setiawati, O. R., Lestari, S. M. P., & Rukmono, P. (2020). A Kontrol Diri dengan Motivasi Belajar SMA Negeri 1. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 2654–4563. https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.238

Fachrurrozi, F, & Ibrahim, I. (2018). Hubungan Kontrol Diri dengan Disiplin Siswa dalam Belajar. Jurnal Neo Konseling, 1(1), 1–6.

Fadillah, A., Nopitasari, D., & Pradja, B. P. (2020). Blended Learning Model During the Covid-19 Pandemic: Analysis of Student’s’ Mathematical Disposition. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 4(2), 173–181. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2582

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on Education, 1(2), 288-296.

Fallis, A. . (2013). Pengaruh Pengendalian Diri Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Pengantar Akuntansi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Freeman, N., & Muraven, M. (2010). Self-Control Depletion Leads to Increased Risk Taking. Social Psychological and Personality Science, 1(2), 175–181. https://doi.org/10.1177/1948550609360421

Harisuddin, M. I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Dengan PJJ Dimasa COVID-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 98-106. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4683

Hockings, C., Thomas, L., Ottaway, J., & Jones, R. (2018). Independent learning–what we do when you’re not there. Teaching in Higher Education, 23(2), 145-161. https://doi.org/10.1080/13562517.2017.1332031

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-169. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325

Karim, S. S. A., & Karim, Q. A. (2021). Omicron SARS-CoV-2 variant: a new chapter in the COVID-19 pandemic. The Lancet, 398(10317), 2126-2128. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(21)02758-6

Kartini, A., & Maulana, A. (2020). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(2), 231–253. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i2.32

Kasih, D., & Sudarji, S. (2012). Hubungan Self Efficacy Terhadap Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Bunda Mulia. Jurnal Psibernetika, 5(2), 46–58.

Kidjab, M. R., Ismail, S., & Abdullah, A. W. (2019). Deskripsi Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika SMP. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 7(1), 25–31. https://doi.org/10.34312/euler.v7i1.10330

Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 8–19. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827

Lepiyanto, A. (2011). Membangun Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(1), 7 Pages. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.201

Lestari, F. N., & Miftakhul’Ulum, W. (2020). Analisis Bentuk Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN I Gondosuli Gondang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 318–329. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13554

Lin, Y. W., Tseng, C. L., & Chiang, P. J. (2017). The Effect of Blended Learning in Mathematics Course. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 741–770. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00641a

Makurius, M., Seran, E. Y., & Suryameng. (2020). Analisis Kedisiplinan belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas IV SDN 13 Pala Kota Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal VOX EDUCATION STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, 16, 15 pages.

Marsela, R. D., & Mamat, S. (2019). Konsep Diri : Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 65–69.

Mbokazi, M. S., Mkhasibe, R. G., & Ajani, O. A. (2022). Evaluating the Promotion Requirements for the Appointment of Office-Based Educators in the Department of Basic Education in South Africa. International Journal of Higher Education, 11(2), 184-194. https://doi.org/10.5430/ijhe.v11n2p181

Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 9–22.

Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197–214. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.246

Musa, S., Pangayow, W., & Kamuli, S. (2017). Pembinaan Karakter Tanggung jawab Melalui Kegiatan Pramuka di SMP Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo. Journal Riset Dan Pengembangan Pengetahuan, 2(2), 308–316.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X” Iffa Dian Pratiwi, dan Hermien Laksmiwati Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Psikologi Teori & Terapan, 7(1), 43–49. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49

Rachmawati, D., Leksono, S. M., & Nulhakim, L. (2021). Analisis Literasi Lingkungan dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kurikulum 2013. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 88–97. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.88-97

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 789-798.

Rauf, J., Halim, S. N. H., & Mahmud, R. S. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Divergen dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(1), 2–9. https://doi.org/10.29303/jm.v2i1.1776

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. JURNAL BIOEDUKATIKA, 3(2), 15–20. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Sudarmin. (2016). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kepercayaan diri siswa melalui blended learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17–23.

Rohmawati, A., Holisin, I., & Kristanti, F. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning: Kajian Meta-Analisis. International Migration Review, 4(6), 1453-1464. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1453-1464

Rustyani, N., Komalasari, Y., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Upaya Meningkatkan Disposisi dengan Pendekatan Open Ended pada Siswa SMK Kelas X-RPL B. Journal on Education, 1(2), 265-270.

Sari, A. R. (2013). Strategi Blended Learning untuk Peningkatan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 32-43. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1689

Singh, J., Steele, K., & Singh, L. (2021). Combining the Best of Online and Face-to-Face Learning: Hybrid and Blended Learning Approach for COVID-19, Post Vaccine, & Post-Pandemic World. Journal of Educational Technology Systems, 50(2), 140–171. https://doi.org/10.1177/00472395211047865

Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48-58. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009

Susilawati, E., Khaira, I., & Afrida, W. (2022). Edukasi Kesadaran Siswa Terhadap Pencegahan Penyebaran Varian Omicron Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. JUKESHUM, 2(1), 90–95. https://doi.org/10.51771/jukeshum.v2i1.267

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. In Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Ulfa, M. (2021). Blended Learning Berbasis Bimbel Online “Ruangguru” Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Matematika di MAN 1 Aceh Besar. Intelektualita, 7(01), 1-13.

Umam, A. Z., & Syafi’i, I. (2021). Implementasi Blended Learning Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMA Sejehtera Prigen. Journal EVALUASI, 5(2), 111-120. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.617

Wong, L., Tatnall, A., & Burgess, S. (2014). A framework for investigating blended learning effectiveness. Education and Training, 56(2), 233-251. https://doi.org/10.1108/ET-04-2013-0049

Yamin, M. (2014). Paradigma baru pembelajaran. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV Tahun 2014, 0(0), 152–163.

Yuliawan, H., & Nusantoro, E. (2020). Hubungan Antara Keyakinan Diri Dan Perilaku Disiplin Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMK Se-Kabupaten Boja. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 124–138. https://doi.org/10.22373/je.v6i2.6369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.