Menjadi Guru Matematika Kreatif dan Berwawasan Pendidikan Karakter

Juhartutik -

Abstract

Pembelajaran matematika kontemporer sangat membutuhkan guru yang kreatif. Guru
matematika tidak cukup hanya menguasai bahan pembelajaran, melainkan harus cerdas
dalam mengelola pembelajaran dengan memilih metode untuk mengembangkan kreativitas
peserta didik yang diwujudkan dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang berkualitas.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan guru matematika
seyogyanya memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kreativitas dalam
pemecahan masalah. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang memfasilitasi
pengembangan kemampuan berpikir kreatif adalah Creative Problem Solving (CPS).
Muatan pendidikan karakter perlu ditambahkan sebagai dampak pengiring pembelajaran
agar nilai-nilai positif menjadi penyeimbang aspek kognitif yang selama ini dikedepankan
dalam dunia pendidikan.

 

Kata kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Creative Problem Solving, Pendidikan
Karakter.

Full Text:

PDF PostScript DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.