Penerapan Teknik Penilaian Learning Journal Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Segiempat

Kartono -, Ali Imron

Abstract

Berawal dari rendahnya prosentase jumlah siswa untuk mencapai tuntas
belajar pada pembelajaran matematika khususnya geometri. Terdapat satu
kegiatan yang merupakan komponen kegiatan pembelajaran yang berfungsi
ganda yaitu penyusunan learning journal oleh siswa. Di satu pihak berfungsi
sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran dan di lain pihak sebagai
instrumen penilaian untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik penilaian learing jurnal pada
model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas VII pada materi pokok segiempat.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMPN 3
Karanglewas.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan
metode observasi yang kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil
penelitian.Presentase ketuntasan hasil belajar siswa untuk aspek pemecahan
masalah pada siklus I = 78.79% dan siklus II = 90.91%. Presentase ketuntasan
hasil belajar untuk aspek keaktifan siswa pada siklus I = 78,79 % dan siklus II =
87,88 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik penilaian learning
journalpada model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas VII C SMPN 3 Karanglewas pada materi segiempat efektif.

 

Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, learning journal.

Full Text:

PDF PostScript DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.