Pengembangan Soal Matematika Mirip TIMSS Yang Memuat Nilai Karakter
Abstract
Menanamkan nilai karakter pada soal matematika menjadi salah satu cara untuk mencapai tujuan utama pendidikan nasional yaitu membentuk siswa yang berkarakter. Penanaman nilai karakter melalui soal matematika mirip TIMSS diharapkan mampu menjadi sarana untuk menghadirkan soal matematika yang memiliki nuansa karakter dan membiasakan siswa  agar dapat menyelesaikan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah design research tipe formative evaluation yang bertujuan untuk menghasilkan soal mirip TIMSS yang memuat nilai-nilai karakter. Hasil yang diperoleh peneliti adalah sebanyak 17 soal matematika mirip TIMSS yang memuat nilai karakter religius, kerja keras, jujur, atau disiplin.
Instill character values in math problems be one way to achieve the main goal of national education is to produce good students in character. Instilling character values through math problems seem TIMSS expected to be a means to present mathematical problems that have a character nuance and familiarize students to be able to solve mathematical problems in daily life. The type of this research is design research (formative evaluation) Â to produce a problems similar to TIMSS that contains character values. The results obtained by the researchers were as many as 17 math problems similar to TIMSS which contained the value of religious character, hard work, honesty, or disciplineKeywords: mathematics problems, TIMSS, character value.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akker, J. v., Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2010). An introduction to Educational Design Research. (T. Plomp, & N. Nieveen, Eds.) Netzodruk: Enshede.
Amrina, R., Zulkardi, & Yusuf Hartono. (2013). Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS Matematika SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 17(2).
Cahyono, B., & Adilah, N. (2016, Juni). Analisis Soal dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester 1 Berdasarkan Dimensi Kognitif dari TIMSS. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 86-98.
Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: ALFABETA.
Kemendiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Jenderal Mendikdasmen, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Kemendiknas. (2011, Desember 22). Panduan Guru: Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Matematika SMP.
Lutfianto, M., & Hartono, Y. (2013, July). Unfinished Student Answer in PISA Mathematics Contextual Problem. Journal on Mathematics Education, 4(2), 129-226.
Lutfianto, M.,& Sari, A. F. (2017, Juli). Respons Siswa Terhadap Soal Matematika Mirip PISA dengan Konteks Berintegrasi Nilai Islam. Jurnal Elemen, 3(2), 108-177.
Munirah. (2015, Desember). Sistem Pendidikan di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita. Jurnal Auladuna, 2(2), 233-245.
Musfah, J. (2012). Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Provasnik, S., Kastberg, D., Ferraro, D., Lemaski, N., Roey, S., & Jenkins, F. (2012). Higlights From TIMSS 2011: Mathematics and Science Achievements of U.S. Fourth- and Eighth-Grade Students in and International Context. Washington DC, United States National Center for Education Statistics, Institute of Education Sciences, U.S. Department of Education.
Provasnik, S., Malley, S., Stephens, M., Landeros, K., Perkins, R., & J, H. T. (2016). Highlights From TIMSS and TIMSS Advanced 2015: Mathematics and Science Achievement of U.S. Students in Grades 4 and 8 and in Advanced Courses at the End of High School in an International Context. Washington, DC., United States: U.S. Department of Education, National Center for Education Statistics.
Rohma, F., & Suhartini, E. (2013). Kecurangan dalam Ujian Nasional di Sekolah Menengah Atas. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa Universitas Jember.
Rudhito, M. A., & Prasetyo, D. A. (2016, Februari). Pengembangan Soal Matematika Model TIMSS untuk Mendukung Pembelajaran MAtematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan, 35(1).
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Philadelphia: Kogan Page.
Vebrian, R., Darmawijoyo, & Hartono, Y. (2016, September). Pengembangan Soal Matematika Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Kerajaan Sriwijaya di SMP. Jurnal Didaktik Matematika, 3(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.