Sinergi Metode Student Team Achievement Division (STAD) dan Tutorial pada Mata Kuliah Kalkulus I

Achmad Fauzan, Sekti Kartika Dini, Rohmatul Fajriyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari penggunaan metode Student Team Achievement Division (STAD) dan tutorial berdasarkan hasil belajar serta tingkat kepuasan mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus 1. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes melalui ujian kompetensi (UK), UTS, dan UAS. Hasil belajar tersebut dianalisis menggunakan uji Kruskall Wallis dan post hoc test untuk mengetahui perbedaan rata-rata yang signifikan diantara sampel yang diambil. Sementara tingkat kepuasan dianalisis menggunakan text mining dari kuesioner yang diberikan berdasarkan barplot dan wordcloud yang diasosiasikan dengan kata yang dominan muncul serta evaluasi keseluruhan dari tingkat kepuasan dan saran yang diberikan. Berdasarkan hasil belajar, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Sementara dari tingkat kepuasan masuk dalam kategori puas hingga sangat puas. Lebih jauh metode ini dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran untuk matakuliah lain yang khususnya berkaitan dengan konseptual.

The purpose of this study is finding out how the processes and results of using the Student Team Achievement Division (STAD) and tutorial methods based on the learning outcomes and the student’s satisfaction level at Calculus 1 class. Data are provided through the competency tests (UK), mid term exam (UTS), and final exam (UAS). The learning outcomes is analyzed using the Kruskall Wallis test and the post hoc test to find out the significant differences in the samples average. The satisfaction level is analyzed by a text mining technique: barplot and wordcloud associated to other dominant words as well as the overall evaluation of the students’s satisfaction level and their suggestion. The learning outcomes analysis shows that the average exam scores of the experimental class is higher than the control class. Mean while the students’ satisfaction level is categorized as satisfied at both of the STAD and tutorial methods. Furthermore this method can be used as an alternative learning method in other subjects which are considered as conceptually heavy.

Keywords

STAD; Kruskall Wallis test; learning outcome; satisfaction

Full Text:

PDF

References

Ali, N., Anwer, M., & Abbas, J. (2015). Impact of Peer Tutoring on Learning of Students. Journal for Studies in Management and Planning, 61-66.

Direktorat Jenderal Kelembagaan IPTEK & DIKTI. (2013). Diambil kembali dari http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf

Elsayed, E. A. (2015). Kruskal-Wallis Test: A Graphical Way. International Journal of Statistics and Applications, 113-119.

Feldman, R., & Sanger, J. (2007). The Text Mining Handbook. United States of America: New York: Cambridge University Press.

Freudenthal, H. (2002). Didactical Phenomenology of Mathematical Structures. New York: Kluwer Academic/ Plenum Publishers.

Liu, B. (2012). Sentiment Analysis and Opinion Mining. Morgan & Claypool Publisher.

Muharom, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Peserta Didik di SMK Negeri Manojaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1.

Purwanto, N. (1998). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran: Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Seifi, M., Haghverdi, M., & Azizmohamadi, F. (2012). Recognition of Students’ Difficulties in Solving Mathematical Word Problems from the Viewpoint of Teachers. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2923-2928.

Walpole, R. E., & Raymond, H. M. (2011). Probability & Statistics for Engineers and Scientists - 9th ed. United States of America: Pearson Education,Inc.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.