Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar

Irfan Fauzi, Andika Arisetyawan

Abstract

Geometri adalah cabang matematika yang diajarkan dengan tujuan agar siswa dapat memahami sifat-sifat dan hubungan antar unsur geometri serta dapat mendorong siswa untuk dapat berpikir secara kritis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa kelas 4 SD Negeri Asmi 033 Kota Bandung dalam menjawab soal geometri. Penelitian ini menggunakan studi eksploratif dalam bentuk tes uraian tertulis pada materi geometri yang diberikan kepada 26 siswa SD Negeri Asmi 033 Kota Bandung. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat kesulitan yang dihadapi siswa dalam menjawab soal geometri, kesulitan tersebut diantaranya adalah (1) siswa  kesulitan dalam penggunaan konsep, (2) siswa kesulitan dalam penggunaan prinsip, dan (3) siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah-masalah verbal. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pengembangan permasalahan geometri, khususnya pada materi keliling dan luas bangun datar di masa yang akan datang.

Geometry is a branch of mathematics taught with the aim that students can understand the properties and relationships between elements of geometry and can encourage students to be able to think critically and solve problems in everyday life. This study aims to analyze the difficulties of fourth grade students of SD Negeri Asmi 033 Bandung City in answering geometry question. This study used an exploratory study in the form of a written description test on the geometry material given to 26 students of SD Negeri Asmi 033 Bandung City. The results of the analysis show that there were difficulties faced by students in answering geometry questions, such difficulties were (1) students difficulty in using concepts, (2) students difficulty in using principles, and (3) students difficuly in solving verbal problems. The result of this study can be used as material for the development of geometry problems, especially in the  material of circumference and area of  plane (geometry) in the future.

Keywords

mathematics; geometry; plane (geometry); difficulty learning

Full Text:

PDF

References

Abrar, A. I. P. (2018). Kesulitan Siswa SMP Belajar Konsep Dan Prinsip Dalam Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 59–68.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cherif, A. H., Gialamas, S., & Stamati, A. (2017). Developing Mathematical Knowledge and Skills through the Awareness Approach of Teaching and Learning. Journal of Education and Practice, 8(13), 108–132.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53–64.

Fatahillah, A., N.T, Y. F. W., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51.

Fauzi, K. M. A., Dirgeyase, I. W., & Priyatno, A. (2019). Building Learning Path of Mathematical Creative Thinking of Junior Students on Geometry Topics by Implementing Metacognitive Approach. International Education Studies, 12(2), 57.

Gravemeijer, K., Stephan, M., Julie, C., Lin, F. L., & Ohtani, M. (2017). What Mathematics Education May Prepare Students for the Society of the Future? International Journal of Science and Mathematics Education, 15, 105–123.

Hill, H. C., Blunk, M. L., Charalambous, C. Y., Lewis, J. M., Phelps, G. C., Sleep, L., & Ball, D. L. (2008). Mathematical knowledge for teaching and the mathematical quality of instruction: An exploratory study. Cognition and Instruction, 26(4), 430–511.

Jupri, A. (2017). From geometry to algebra and vice versa: Realistic mathematics education principles for analyzing geometry tasks. AIP Conference Proceedings, 1830.

Lestari, A. P., Hasbi, M., & Lefrida, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Ix Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling Dan Luas Lingkaran Di Smp Al-Azhar Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 373–385.

MdYunus, A. S., Ayub, A. F. M., & Hock, T. T. (2019). Geometric thinking of Malaysian elementary school students. International Journal of Instruction, 12(1), 1095–1112.

Mufarizuddin. (2018). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 012 Bangkinang Kota. Journal on Education, 1(1), 40–47.

Muhassanah, N., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). Analisis Keterampilan Geometri Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 54–66.

Noto, M. S., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2019). Mathematical proof: The learning obstacles of pre-service mathematics teachers on transformation geometry. Journal on Mathematics Education, 10(1), 117–125.

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, 9(2), 139–148.

Nurhamsiah, N., Halini, H., & Ahmad, D. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Bentuk Aljaar Berkaitan dengan Konsep dan Prinsip di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 5(2).

Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of Triangle: Examples of Mathematical Abstraction in Two Different Contexts. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 53.

Panaoura, A. (2014). Using representations in geometry: a model of students’ cognitive and affective performance. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 45(4), 498–511.

Purbaningrum, K. A. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Kontinuitas Fungsi Mata Kuliah Kalkulus Diferensial. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 199–209.

Ricks, T. E. (2009). Mathematics Is Motivating. Mathematics Educator, 19(2), 2–9.

Rofii, A., Sunardi, S., & Irvan, M. (2018). Characteristics of Students’ Metacognition Process At Informal Deduction Thinking Level in Geometry Problems. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(1), 89.

Seah, R. (2015). Reasoning with geometric shapes Visualisation as a tool for geometric reasoning. Amt, 71(2), 4–11.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah., E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berfikir Van Hiele. Jurnal “Mosharafa,†6(2), 287–298.

Siswono, T. Y. E. (2008). Proses Berfikir Kreatif siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 60–68.

Soviawati, E. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus, 2, 79–85.

Suryadi, D. (2010). Menciptakan Proses Belajar Aktif: Kajian dari Sudut Pandang Teori Belajar dan Teori Didaktik. 1–16.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: Leuseur Cipta Pustaka.

Unlu, M., Ertekin, E., & Dilmac, B. (2017). Predicting Relationships between Mathematics Anxiety, Mathematics Teaching Anxiety, Self-efficacy Beliefs towards Mathematics and Mathematics Teaching. International Journal of Research in Education and Science, 636–636.

Yusmin, E. (2016). Kesulitan Belajar Siswa pada pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119–2136.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.