Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Volum Benda Putar Berbasis Teknologi Dengan Strategi Konstruktivisme Student Active Learning Berbantuan CD Interaktif Kelas XII

M S Rudiyanto, S B Waluya

Abstract

Kemampuan mengkonstruksi pengetahuan merupakan aspek yang penting dalam belajar matematika. Rendahnya kemampuan siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan mempengaruhi kualitas belajar siswa yang berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut dilakukan dengan pembelajaran yang menekankan keaftifan siswa. Model pembelajaran yang menekankan siswa yang akan dibahas pada makalah ini adalah Model pembelajaran dengan Strategi Konstruktivisme Student Active Learning berbantuan CD interaktif (KSAL). Pengembangan model pembelajaran KSAL mengacu pada model pengembangan Plom (1977) yang terdiri dari Premilinary Investigation, Design, Realization, Test, Evaluation, Revision, and Implementation. Model KSAL memiliki unsure sintakmatik yang tercermin dalam RPP memuat strategi yang merupakan modifikasi model TTW dan model CLD yang terdiri dari bridge, grouping, think, write, reflection, and evaluation. Model ini menempatkan guru sebagai fasilitator. CD interaktif dalam model KSAL ini dirancang agar siwa belajar mandiri. Materi dalam CD terdiri dari materi volum benda putar, lembar kerja siswa, lembar tugas siswa, permainan dan tes akhir dan disusun secara kontruktivisme yakni memungkinkan siswa membangun pengetahuan dalam menemukan konsep volum benda putar.

Kata kunci: kontruktivisme, Student Active Learning, volum benda putar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.