Desain Pembelajaran Operasi Bilangan Rasional Menggunakan Pola Busana Di Kelas X SMK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran penggunaan kegiatan membuat pola busana pada materi operasi bilangan rasional. Pada materi ini, menuntut peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan operasi bilangan rasional secara kontekstual. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Busana 1 SMK Negeri 6 Palembang yang berjumlah 25 orang. Metode yang digunakan adalah desain research terdiri dari tiga tahap, yaitu: preliminary, desain experiment (pilot experiment dan teaching experiment), dan analysis representative. Penelitian ini mengembangkan hasil pembelajaran operasi bilangan rasional dengan menunjukkan aktivitas dan prosedur serta strategi peserta didik dalam menemukan ide atau strategi pada operasi bilangan rasional. Pada bagian ini, akan dibahas penggunaan pola busana sebagai starting point pembelajaran pola bilangan dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sebagai pendekatan yang mendukung aktivitas dari penggunaan konteks tersebut. Selain itu, perubahan dari Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ke Learning Trajectory (LT) melalui aktivitas, dilakukan dengan pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, rekaman video, foto dan lembar aktivitas peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Akker, et al. 2006. Education Design Research. London: Routledge Taylor and Francis Group.
Depdiknas. 2006. Peraturan Pendidikan Nasional no 19 tahun 2005 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdiknas.
French, D. 2003. Problem in learning school algebra . Notes and handout from seminar at SHU March 22.
Gravemeijer, K. & Van Erde, D. 2009. Design Research from a Learning Design Perspective. In Jan Van den Akker, et al. Educational Design Research: Routledge.
Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Ultrecht: Freudenthal Institute.
Ilma. 2011. Professional development of mathematics primary school teacher in Indonesi using lesson study and realistic mathematics education approach . Proceeding of the International Congress for School Effectiveness and Improvement (ICSEI), Limassol, Cyprus.
Kairuddin & Darmawijoyo. 2011. The Indonesian’s road transportations as the context to support primary school learning number operation . Indonesian Journal on Mathematics Education (IndoMS -JME). Vol. 2(1), pp. 67- 78.
Kristiyono, H. 2008. Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Melalui Metode Permainan Kartu. Jurnal Pendidikan Penabur. 10, Rengasdengklok. Diakses tanggal 12 Februari 2012, pada http://isjd.pdii.lipi.go.id/ admin/ jurnal/ 71008110.pdf
NCTM. 2000. Principles and Standard for School Mathematics . Reston: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.
Rosmah, Hj. B. & Khalid , M. 2008. Using the jar model to improve students’ understanding of operation on integers . Proceeding of International Congress on Mathematical Education (ICME), Mexico, 11, pp. 83-94.
Sadi, A. 2007. Misconceptions in Numbers. UGRU Journal. Diakses tanggal 12 Februari 2012, pada http://www.ugru.uaeu.ac.ae/ ugrujournal/ ugrujournal_files/ sr5/min.pdf.
Zulkardi. 2010. How to Design Matematics Lesson based on the Realistic Approach? Diakses tanggal 15 Desember 2012, pada http://eprints.unsri.ac.id/692/1/rme.html
Refbacks
- There are currently no refbacks.