Desain Pembelajaran Operasi Bilangan Rasional Menggunakan Pola Busana Di Kelas X SMK

Intan Buhati Asfyra, Zulkardi Zulkardi, Budi Santoso

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran penggunaan kegiatan membuat pola busana pada materi  operasi  bilangan  rasional.  Pada  materi  ini,  menuntut  peserta  didik  dapat  menyelesaikan permasalahan operasi bilangan rasional secara kontekstual. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Busana 1 SMK Negeri 6 Palembang yang berjumlah 25 orang. Metode yang digunakan adalah  desain  research  terdiri  dari  tiga  tahap,  yaitu:  preliminary,  desain experiment  (pilot experiment  dan teaching experiment), dan  analysis representative. Penelitian ini mengembangkan hasil  pembelajaran  operasi  bilangan  rasional  dengan  menunjukkan  aktivitas  dan  prosedur  serta strategi  peserta  didik  dalam  menemukan  ide  atau  strategi  pada  operasi  bilangan  rasional.  Pada bagian  ini,  akan  dibahas  penggunaan  pola  busana  sebagai  starting  point  pembelajaran  pola bilangan  dengan  Pendidikan  Matematika  Realistik  Indonesia  (PMRI)  sebagai  pendekatan  yang mendukung  aktivitas  dari  penggunaan  konteks  tersebut.  Selain  itu,  perubahan  dari  Hypothetical Learning  Trajectory  (HLT)  ke  Learning  Trajectory  (LT)  melalui  aktivitas,  dilakukan  dengan pengumpulan data  menggunakan lembar observasi,  wawancara, rekaman video, foto dan lembar aktivitas peserta didik.

Full Text:

PDF

References

Akker, et al. 2006. Education Design Research. London: Routledge Taylor and Francis Group.

Depdiknas. 2006. Peraturan Pendidikan Nasional no 19 tahun 2005 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdiknas.

French, D. 2003. Problem in learning school algebra . Notes and handout from seminar at SHU March 22.

Gravemeijer, K. & Van Erde, D. 2009. Design Research from a Learning Design Perspective. In Jan Van den Akker, et al. Educational Design Research: Routledge.

Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Ultrecht: Freudenthal Institute.

Ilma. 2011. Professional development of mathematics primary school teacher in Indonesi using lesson study and realistic mathematics education approach . Proceeding of the International Congress for School Effectiveness and Improvement (ICSEI), Limassol, Cyprus.

Kairuddin & Darmawijoyo. 2011. The Indonesian’s road transportations as the context to support primary school learning number operation . Indonesian Journal on Mathematics Education (IndoMS -JME). Vol. 2(1), pp. 67- 78.

Kristiyono, H. 2008. Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Melalui Metode Permainan Kartu. Jurnal Pendidikan Penabur. 10, Rengasdengklok. Diakses tanggal 12 Februari 2012, pada http://isjd.pdii.lipi.go.id/ admin/ jurnal/ 71008110.pdf

NCTM. 2000. Principles and Standard for School Mathematics . Reston: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.

Rosmah, Hj. B. & Khalid , M. 2008. Using the jar model to improve students’ understanding of operation on integers . Proceeding of International Congress on Mathematical Education (ICME), Mexico, 11, pp. 83-94.

Sadi, A. 2007. Misconceptions in Numbers. UGRU Journal. Diakses tanggal 12 Februari 2012, pada http://www.ugru.uaeu.ac.ae/ ugrujournal/ ugrujournal_files/ sr5/min.pdf.

Zulkardi. 2010. How to Design Matematics Lesson based on the Realistic Approach? Diakses tanggal 15 Desember 2012, pada http://eprints.unsri.ac.id/692/1/rme.html

Refbacks

  • There are currently no refbacks.