The Effect of Computer Laboratory Facilities and Learning Interest on Students’ Learning Outcomes
Abstract
This research aims to know the effect of computer laboratory facilities and learning interest on student’s learning outcomes. Used ex-post facto quantitative research with exogenous, endogenous, and intervening variables. Population and sample of this research were mathematics education department students for the 2020/2021 academic year, totaling around 80 people. The instruments used were questionnaires and written test. Data analysis technique used is path analysis. Based on the research that has been done, it’s concluded that: (1) description of computer laboratory facilities, students’ learning interest and students’ mathematics learning outcomes in order are in the medium, high, and high categories, (2) there is a direct effect of computer laboratory facilities on mathematics education department student’s mathematics learning outcomes, (3) there is a direct effect of learning interest on students’ mathematics learning outcomes, (4) there is a direct effect of computer laboratory facilities on mathematics education department student’s mathematics learning interest, and (5) there is an indirect effect of computer laboratory facilities on students’ mathematics learning outcomes through learning interest. Â
Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui pengaruh fasilitas laboratorium komputer dan minat belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Merupakan penelitian kuantitatif jenis ex-post facto dengan variabel eksogen, endogen, dan variabel intervening. Populasi dan sampel penelitian ini ialah mahasiswa jurusan pendidikan matematika tahun ajar 2020/2021 berjumlah 80 orang. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan tes tulis. Teknik analisis datanya yaitu analisis jalur. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) deskripsi fasilitas laboratorium komputer, minat belajar dan hasil belajar matematika mahasiswa secara berurut berada pada kategori sedang, tinggi, dan tinggi, (2) terdapat pengaruh langsung fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar matematika mahasiswa jurusan pendidikan matematika, (3) terdapat pengaruh langsung minat belajar terhadap hasil belajar matematika mahasiswa, (4) terdapat pengaruh langsung fasilitas laboratorium komputer minat belajar matematika mahasiswa jurusan pendidikan matematika, dan (5) terdapat pengaruh tidak langsung fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar matematika mahasiswa melalui minat belajar.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2014). Standar Laboratorium Komputer Sekolah, Pelatihan Manajemen Komputer bagi Guru-Guru SMP/MTS/SMA/MA dan SMK se Kabupaten Purworejo. Purworejo: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY.
Anitah, S. (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Ja-karta: Universitas Terbuka.
Azmidar, A., Darhim, D., & Dahlan, J. A. (2020). Enhancing Students’ Interest through Mathematics Learning. In International Conference on Mathematics and Science Education (IC-MScE) (pp. 1–6).
Budiyarti, N. (2020). Nelly Budiyarti, Pengaruh Kualitas Pembelajaran, dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 215–222.
Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Eva, R., & Siagian, F. (2012). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 122–131.
Khayati, S., & Payan, A. (2014). Effective Factors Increasing the Students’ Interest in Mathematics in the Opinion of Mathematics Teacher of Zahedan. International Scholarly and Scientific Research and Innovation, 8(9), 3077–3085.
Kusumah, Y. B. (2014). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer terhadap Efektivitas Pembelajaran Peserta Didik dalam Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak. Universitas Pendidikan Indonesia.
Lutfiyah, Z., Utaya, S., & Susilo, S. (2016). Hubungan Antara Minat Menjadi Guru dan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pen-didikan dan Ilmu Geografi, 21(2), 8–16.
Mwikali, K. R., Gakunga, D. K., & Kasivu, G. M. (2016). Influence of Students’ Aspirations on Choice of Computer Studies in Public and Private Secondary Schools in Machakos Sub-County. International Journal of Education and Research, 4(8), 221–230.
Nurohman, S. (2011). Manajemen Laboratorium Komputer di Sekolah, Pelatihan Kepala Laboratorium SMP Kab. Temanggung. Temanggung: FMIPA UNY.
Pamungkas, D. S., Basori, B., & Efendi, A. (2017). Pengaruh Minat Belajar dan Fasilitas Laboratorium Komputer terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Melakukan Instalasi LAN Di SMK Negeri 1 Sawit. In Prosiding Seminar Nasional UNS Vocational Day (pp. 433–439).
Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2015). Pengaruh Minat terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 17–26.
Payal, A. (2007). The ICT Laboratory: An Analysis of Computers in Public High Schools in Rural India. AACE Journal, 15(1), 57–72. R
Pramesti, G. A. D. (2014). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Komputer sebagai Pendukung Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa di SD Negeri Wuluhadeg. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahmawati, D. P., & Listiadi, A. (2019). Pemakaian Komputer dan Keefektifan Proses Pembela-jaran Pengantar Akuntansi terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi (MYOB) Siswa Kelas XI Program Akuntansi dan Keuangan di SMK Negeri 1 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(1), 28–33.
Rodliyah, B. (2011). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Diklat KKPI pada Siswa Kelas X AP SMK Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2010 / 2011. Universitas Negeri Semarang.
Setyowati, D., & Widana, I. W. (2016). Pengaruh Minat, Kepercayaan Diri, dan Kreativitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal EMASAINS, 5(1), 66–72.
Siahaan, S. H. B., & Kumoro, J. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium sebagai Sumber Belajar dan Metode Mengajar Guru terhadap Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Administrasi Dan Perkantoran, 6(4), 353–362.
Souck, E. N., & Nji, G. (2017). The Effects of School Facilities on Internal Efficiency :The Case of Selected Bilingual Secondary Schools in Yaounde Centre. World Journal of Research and Review (WJRR), 4(4), 41–48.
Syah, M. (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Virdiansyah, D., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan Pengantar Akuntansi, Locus of Control, dan Fasilitas Laboratorium Komputer terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 8(1), 540–547.
Widayanti, W. (2006). Pengaruh Minat Menjadi Guru terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Akuntasi Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Universitas Negeri Semarang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.