Development Students Worksheet Using Ethnomathematics-based CTL Approach on SLETV Subject Material for Grade X
Abstract
This study aims to produce worksheets using an ethnomatematic based CTL approach on SLETV material that is valid and practical. This type of research and development is R&D. The ADDIE development model consists of: analyze, design, development, implementation, evaluation. However, this research is limited to the implementation stage for individual trials (one to one) and small group trials. The results of this study were obtained from the aspects of validity and practicality. a) the validity aspect is obtained based on 3 validators with assessment aspects based on content, construct, and language with the first validator score of 84.61% in the "valid" category then the second validator is 92.30% with the very valid category and the third validator is 86.53 % with a valid category. b) the practicality aspect is obtained based on 9 student response questionnaires given in the small group trial stage completed with an average score of 83.79% and categorized as "practical".
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKS Menggunakan Pendekatan CTL berbasis etnomatematika pada materi SLETV yang valid dan praktis. Jenis penelitian dan pengembangan ini adalah R&D. Model pengembangan ADDIE terdiri dari: analyze, design, development, implementation, evaluation.Namun pada penelitian ini dibatasi pada tahap implementasi untuk uji coba perorangan (one to one) dan uji coba kelompok kecil (small group). Hasil penelitian ini di peroleh dari aspek kevalidan dan kepraktisan. a) aspek kevalidan diperoleh berdasarkan 3 validator dengan aspek penilaian berdasarkan isi, konstruk, dan bahasa dengan skor validator pertama yaitu 84,61% dengan kategori “valid†kemudian validator kedua 92,30% dengan kategori sangat valid dan validator ketiga yaitu 86,53% dengan kategori valid. b) aspek kepraktisan diperoleh berdasarkan 9 angket respon siswa yang diberikan pada tahap uji coba kelompok kecil selesai dengan skor rata-rata 83,79% dan dikategorikan “praktisâ€.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6.
Apriani, Buyung, & Relawati. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 9 Muaro Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika,. 1(1), 12-25.
Fitria, Buyung, & Azizah. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Kelas X MIA SMA Negeri 9 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1), 7-13.
Khasanah, T., & Titin, S. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Metode ADDIE Pada Materi Gerak Lurus Di MAN Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika , 5(3), 45-48.
Kurniawati, & Tri, H. (2019). Etnomatematika Konsep dan Eksistensinya. Jakarta: CV Pena Persada.
Lestari, D; Darmawijaya, & Aisyah, N. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Teori Apos Materi Bangun Ruang Sisi Datar Konteks Rumah Adat Banyuasin. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 1-9.
Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Adhitama.
Marhamah, Zulkardi, & Aisyah, N. (2011). Pengembangan Materi Ajar Pecahan Dengan Pendekatan PMRI di SD Negeri 121 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2), 172-184.
Muhlisarini, & Hamzah, A. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Indonesia.
Munthe, P. A., & Soesilo, A. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10(3), 231-243.
Nur, F., & Purwasi, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 18-26.
Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS berbasis PMRI Menggunakan Konteks Etnomatematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(2), 73-79.
Prasetya, Khamdan, & Aditya. (2018). LKS Bercerita Bergambar Berbasis Etnomamatematika Materi SPLTV Sebagai Inovasi Bahan Ajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 350-356.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Pujiastuti, H., & Azzahra, R. H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 153-162.
Purwanto. (2009). Prinsip-Prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Putrianasari, D.; Wasitohadi. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Cukil-01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Scholaria, 5(1), 55-77.
Retta, A. M. (2016). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) ditinjau Dari Gender. Prosiding Revolusi Mental Mewujudkan Tenaga Pendidikan Yang Profes-sional Dalam Menyiakan Generasi Emas Di Indonesia , 393-399.
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645-656.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Setiana, D. S., & Ayuningtyas, D. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Jurnal Science Tech , 67-74.
Siasa, A.S; Salam, M.; and Suhar. (2018). Analisis Kesulitan Belajaran Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Kelas X MA Negeri 10 Kendari. JPPM, Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika , 6(1), 1-14.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuntitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumartini, S. T. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melali Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.
Sunarto. (2013). Pengantar Statiska untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomis, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Tegeh, I.M. & Kirna, I.M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Model ADDIE. Jurnal Pendidikan Kimia. 11(1). 12-26.
Ubaidilah, F., & Saalamah, U. (2020). Penerapan Metode Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pemvelajaran Tematik Pokok Bahasan Siklus Air. INCARE. 1(3), 210-218.
Wahyuni, A.; Tias, A.A.W.; & Sani, B. (2013, November). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY. (p. 112-118).
Refbacks
- There are currently no refbacks.