Studi Komparasi Model Pembelajaran Antara Inkuiri dan Advance Organizer Untuk Penalaran Matematis

A.D. Parjayanti, Wardono Wardono

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran Inkuiri efektif untuk penalaran matematis peserta didik; mengetahui pembelajaran Advance Organizer efektif untuk penalaran matematis peserta didik; dan untuk mengetahui pembelajaran Advance Organizer lebih efektif untuk penalaran matematis peserta didik daripada pembelajaran Inkuiri. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Teknik sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling. Data diperoleh dengan metode tes dan metode observasi. Berdasarkan hasil tes kemampuan penalaran matematis diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 adalah 88,40 dan kelas eksperimen 2 adalah 84,15. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t, uji proporsi, dan uji beda dua rata-rata. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Inkuiri dan menggunakan pembelajaran Advance Organizer efektif untuk penalaran matematis peserta didik, dan pembelajaran Advance Organizer lebih efektif untuk penalaran matematis peserta didik daripada pembelajaran Inkuiri.

This research is to determine inquiry effective learning for mathematical reasoning of learners; to determine Advance Organizer effective learning for mathematical reasoning skills students; and Advance Organizer to find more effective learning to mathematical reasoning skills of students in learning than inquiry. The study population was all the eighth grade students of Junior High School 14 Semarang school year 2012/2013. Engineering samples in this study were taken by purposive sampling. Data obtained with the test methods and methods of observation. Based on the results of tests of mathematical reasoning abilities obtained average value is 88,40 experimental class 1 and class 2 experiment is 84,15. The data obtained were analyzed using t-test, proportion test, and two different test average. It can be concluded that using the inquiry learning and Advance Organizer learning are effective learning to reasoning skills matematis learners, and Advance Organizer learning more effective to mathematical reasoning skills students than learning inquiry.

Full Text:

PDF

References

Arraniri, A. 2012. Penggunaan Model Advance Organizer pada Pembelajaran Konsep Animalia Vertebrata. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Bell, F.H. 1978. Teaching and Learning Mathematics in Secondary School. New York: Win C. Brwon Company Publisher.

BSNP. 2011. Laporan Hasil Ujian Nasional SMP/ MTs Tahun Pelajaran 2010-2011. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Pendidikan SMA. Jakarta: Depdiknas.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Herlanti, Y. 2009. Prestasi Sains Indonesia di TIMSS. Tersedia di http://yher lanti.wordpress.com/2009/01/17/prestasi-sains-indonesia-di-timss/ [diakses: 4 April 2013].

Lestari, B. 2008. Peningkatan Kualitas Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning artikel dalam Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol. 5(2), pp. 145-153.

Nasution, N. 1994. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Opara, J.A., & Oguzor, N.S. 2011. Inquiry Instructional Method and the School Science CurrĂ­culum, artikel dalam Current Research Journal of Social Sciences, Vol. 3(3), pp. 188-198.

Rahayu, S. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Advance Organizer untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Koloid, artikel dalam Journal of Innovative Science Education, Vol. 1(1), pp. 28-35.

Raj, M. 2007. A Study On The Effectiveness Of Advance Organizer Model In The Teaching Of Mathematics Among Secondary School Pupils At Differing Levels Of Intelligence. Tesis. Kattayam: School Of Pedagogical Sciences, Mahatma Gandhi University.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV ALFABETA.

Yuniyanti, E.D.; Sunaryo, W., & Haryono. 2012. Pembelajaran Kimia Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Media Modul dan E – Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Membaca dan Kemampuan Berpikir Abstrak, artikel dalam Jurnal Inkuiri,Vol. 1(2), pp. 112-120.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.