Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Camtasia pada Pokok Bahasan Lingkaran melalui Edmodo untuk siswa MTs

Yajid Latif, Darmawijoyo Darmawijoyo, Ratu Ilma Indra Putri

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar pokok bahasan lingkaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar pada pemecahan masalah. Bahan ajar yang dikembangkan menggunakan pendekatan pemecahan masalah pada latihan soal yang ditampilkan dalam bentuk video pada edmodo. Kegiatan penelitian dilakukan di MTs Miftahul Huda Tuguagung pada semester 2 tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pada penelitian ini menghasilkan ba-han ajar pokok bahasan lingkaran melalui edmodo yang valid dan praktis; 2) Bahan ajar pa-da pokok  bahasan lingkaran melalui edmodo memiliki efek potensial terhadap hasil belajar pada pemecahan masalah dengan nilai persentase minat 79,7% dengan kategori tinggi dan hasil belajar pada soal pemecahan masalah dengan kategori baik.

 

Kata Kunci: Penelitian pengembangan; edmodo; pemecahan masalah

 

Abstract

The purpose of this study was to produce teaching materials on circle which has criteria valid, practical, and has a potential effect on learning outcomes in problem solving. Tea-ching materials developed using a problem -solving approach to the exercises shown in the form of video on Edmodo. Research activities conducted in MTs Miftahul Huda Tugu-agung in the 2nd half of the school year 2012/201. This study uses research development. Based on the analysis of the results of this study concluded that : 1 ) In this study produces teaching materials subject circle through Edmodo valid and practical; 2) Teaching ma-terial on the subject of the circle through Edmodo has a potential effect on learning out-comes in problem solving with 79.7 % percentage interest in the high category and learn-ing outcomes in a matter of solving the problem with good categories .

Keywords: Research and Development; edmodo; problem solving

Full Text:

PDF

References

Ernawati, A., & Patahuddin, S. M. 2009. Pemanfaatan Internet dalam Mempersiapkan Guru Mengajar di Kelas RSBI. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, pp. 221-233). Yogyakarta: Jurusan Pendidi-kan Matematika FMIPA UNY.

Marfu'ah. 2011. Pembelajaran. Diakses di p4tkmatematika.org 12 Desember 2012.

Patahuddin, S. M. 2012. Joyful and Meaningful Learning In Mathema-tics Classroom Through Internet Ac-tivities. International Symposium on Math Education Innovation, pp. 1-13.

Patahuddin, S. M., & Rokhim, A. F. 2009. Website Permainan Matematika Online untuk Belajar Matematika Secara Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Matematika, pp.103-111.

Riadi, B. (2012). Pengembangan Modus Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) pada Materi Barisan dan Deret untuk Sekolah Menengah Atas. Program Studi Magister Pendidikan Matema-tika FKIP Universitas Sriwijaya: Tidak Dipublikasikan.

Sudarmoyo. 2012. Membumikan Matematika dengan Pembelajaran Berpetac (Berbantuan Pen Tablet dan Camtasia). International Symposium on Mathematics Education Innovation, 4.

Tamimuddin, M., & Ekawati, E. 2011. Ekspektasi Pemanfaatan Online So-cial Network dalam Pembelajaran. Jurnal Edumat, Vol. 2, pp. 270-277.

Tribunnews. 2012. Internet. Diakses di www.tribunnews.com pada 26 De-sember 2012

Utomo, P. D. 2012. Pembelajaran ling-karan dengan pendekatan Pemecah-an Masalah Versi Polya Pada Kelas VIII di SMP PGRI 01 Dau. Widya Warta Tahun XXXVI, No. 01, pp. 145-158.

Zulkardi & Ilma. 2010. Pengembangan Blog Support untuk Membantu Siswa dengan Guru Matematika Indonesia Belajar PMRI. JIPP. Vol 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.