Keefektifan Model Pembelajaran Generatif dan MMP Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

F. Muttaqid Alba, Moch. Chotim, Iwan Junaedi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan model ge-neratif dan model Missouri Mathematics Project (MMP)terhadap kemampuan pemacahan masalah siswa kelas X materi jarak pada bangun ruang dan untuk mengetahui pembelajaran yang lebih efektif antara pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dan pembela-jaran dengan model pembelajaran MMP terhadap kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Kota Magelang tahun pelajaran 2012/2013 yang berada dalam sepuluh kelas. Uji ketuntasan belajar memberikan hasil yaitu sis-wa kelas eksperimen 1 dan 2 telah mencapai ketuntasan belajar. Uji proporsi memberikan ha-sil yakni kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen 1 sama baiknya dibanding kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen 2. Hasil Penelitian menunjukkan pembelajaran model generatif dan MMP efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi jarak pada bangun ruang dan pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif sama efektifnya dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran MMP terhadap kemampuan pemecahan masalah.

 

Kata Kunci: Generatif; Jarak pada Bangun Ruang; Kemampuan Pemecahan Masalah; MMP.

 

 

Abstract

The purpose of this study was to know whether learning with generative model and Missouri Mathematics Project (MMP) model effective against problem solving ability of grade X students of distance in solid shapes material and to know which one was better between generative learning model and MMP model. The population of this study was the students of grade X MA State 1 Magelang year 2012/2013 in 10 classes. From the result of the test was obtained that experiment class students achieved the learning completeness. From the proportion test results gotten the student problem solving ability of 1st experiment class was more same as than 2nd experiment class. The research result showed that the generative and MMP model effective against problem solving ability of distance in solid shapes material and generative learning model as same effective as MMP against problem solving.

 

Keywords: Distance in Solid Shapes; Generative; MMP; Problem Solving Ability.

Full Text:

PDF

References

Anderman, E. M. 2010. Reflections on Wittrock’s Generative Model of Learning: A Motivation Prespective artikel dalam School of Educational Policy and Leadership Education, Vol. 45(1), pp. 55-60 (ISSN NO. 0046-1520).

Anthony, G. & Walshaw, M. 2009. Cha-racteristics of Effective Teaching of Mathematics: A View from the West, artikel dalam Journal of Ma-thematics Education, Vol. 2(2), pp. 147-164 (ISSN NO. 0473-0111).

Arikunto, S. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Permendiknas no.22 tahun 2006.

Depdiknas. 2012. Pemanfaatan Hasil UN Tahun Pelajaran 2011/2012 Untuk Perbaikan mutu Pendidikan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Idris, N. 2009. The Impact of Using Geometers’ Sketchpad on Malaysian Students’ Achievement and Van Hiele Geometric Thinking, artikel dalam Journal of Mathematics Edu-cation, Vol. 2(2), pp. 94-107 (ISSN NO. 0473-0111).

Krismanto, A. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pem-belajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Slavin, R. E. & C. Lake. 2007. Effective Programs in Elementary Mathema-tics: A Best-Evidence Synthesis. U.S.: John Hopkins University.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuan-titatif, Kualitatif, dan R&D. Ban-dung: Alfabeta.

Suherman, E, dkk. 2003. Strategi Pembe-lajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.