Exploration of Relational Thinking Skills Using Problem Solving of Geometry Transformation

Sahrul Ramadhan, Moh Mahfud Effendi, Siti Khoiruli Ummah

Abstract

The aimed study is analyzing the mathematical ability of students with relational thinking skills in geometry transformation material. This study used a descriptive qualitative approach. Data collection techniques were carried out by giving tests based on contextual problems and interviews. The test result was used to measure the effectiveness and completeness of learning outcomes. Furthermore, the result of the interviews supported the data of test results and identified the problem that was faced during the process of the test. The research showed that the most achieved indicator is the first indicator which can write the important information and create the relation about the description of the problem. Meanwhile, the least indicator that has been achieved was the third and fourth indicator which analyzed the relation by using structures, symbols, and properties to find models and re-check in the form of sketching and operating matrices transformation.

Tujuan dari penelitian ini yaitu “mengkaji kemampuan matematis peserta didik dengan relational thinking skill pada materi transformasi geometri”. Penelitian ini menggunakan deskripstif dengan pendekatan kualitatif.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes berbasis permasalahan kontekstual dan wawancara. Hasil test digunakan untuk mengukur keefektifan dan ketuntasan hasil belajar. Selanjutnya hasil wawancara mendukung data dari hasil tes dan mengidentifikasi masalah yang dihadapi selama proses tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indikator yang paling banyak dicapai yaitu indikator pertama yang mana mampu menuliskan informasi penting dan membentuk relasi tentang gambaran sebuah masalah. Sementara itu, indikator yang paling sedikit dicapai adalah indikator ketiga dan keempat yang mana menganalisis relasi dengan menggunakan struktur, simbol, dan sifat untuk mencari model dan mengecek kembali dalam bentuk sketsa dan operasi transformasi matriks.

Keywords

relational thinking skills; problem solving; geometry transformation; junior high school

Full Text:

PDF

References

Agustina, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring di Era Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Desimal: Jurnal Matematika, June.

https://www.researchgate.net/publication/341787856

Baiduri, B. (2015). A Relational Thinking Process of Field Dependent-Independent Students in Solving Mathematical Problems. Elixir Inter-national Journal, (89), 36814-36819.

Baiduri. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Humanistik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–10. http://semnasmat.umm.ac.id

Baskoro, E.P. (2013). Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis Web terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Peluang (Studi Eksperimen di Kelas XI SMK Pariwisata Kota Cirebon). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 2(1), 1-20.

Darmawijoyo. (2011). Pembelajaran Matematika Berbasis Web. Sriwijaya Journal of Information Systems, 3(1), 130491.

Darsono, D., Santia, I., & Jatmiko, J. (2018a). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Aljabar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Modul Aljabar Berbasis Relational Thinking. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 119.

https://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.1517

Darsono, Santia, I., & Jatmiko. (2018b). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Aljabar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Modul Aljabar Berbasis Relational Thinking Enhancing Ability of Problem Solving Algebra Students SMP Through Learning Relational Thinking. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 119-124.

Effendi, M. M. (2019, October). Analysis of Humanist Education on VHS Mathematics Curriculum. In 6th International Conference on Community Development (ICCD 2019) (pp. 339-341). Atlantis Press.

Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Software Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91.

https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80-91

Etrina E., Anriani, N., & Fathurrohman, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kompetensi Abad 21 untuk Guru SMP/MTs. Prosiding Seminar Dan Diskusi Na-sional Pendidikan Dasar, 1–5.

Hadiyanto, F. R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Geometri dengan Menggunakan Newman’s Procedure. Jurnal Kajian Pembela-jaran Matematika, 3(2), 67–77.

Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendeka, 01(02), 127–133. https://doi.org/10.30738/tc.v1i2.1945

Indrayany, E. S., & Lestari, F. (2019). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri dan faktor penyebab kesulitan siswa ditinjau dari teori van hiele. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 109–123. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13729

Inganah, S., Taufik, M., Cahyono, H., & Ummah, S. K. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 417-426.

Jamalun, & Suhar. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kontukowuna. JPPM, Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 99–112.

Santia, I., & Jatmiko, J. (2016). Pengembangan modul pembelajaran matematika berdasarkan proses berpikir relasional dalam upaya meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah aljabar siswa SMP. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1), 11-18.

Kızıltoprak, A., & Köse, N. Y. (2017). Relational thinking: The bridge between arithmetic and algebra. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(1), 131-145.

Kulsum, C., Johar, R., & Munzir, S. (2020). Pemahaman Relasional Siswa pada Turunan Fungsi dengan Bantuan Software Geometer’s Sketchpad. Jurnal Peluang, 7(2), 66–76. https://doi.org/10.24815/jp.v7i2.13749

Kurniawan, A. T. H., & Rudhito, M. A. (2016). Kemampuan Berpikir Relasional Siswa dalam Mengerjakan Soal Kontekstual dengan Pendekatan Realistik Pada Topik Fungsi Linear. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 136-144.

https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5013

Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12.

https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707

Maulani, F. I., & Setiawan, W. (2021). Analisis keke-liruan siswa smk negeri di kota cimahi dalam menyelesaikan soal geometri transformasi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 729-738.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.729-738

Maulani, F. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi transformasi geometri. Jurnal Gammath, 5(1), 16-25.

Oesmolos, M., & Ratu, N. (2019). Profil Higher Order Thinking Skill Siswa dalam Menyelesaiakan Masalah Aritmatika Sosial. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(1), 53-60.

Peranginangin, S. A., & Surya, E. (2017). An Analysis of Students’ Mathematics Problem Solving Ability in VII Grade at SMP Negeri 4 Pancurbatu. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(2), 57–67.

Pradika, I. D., Amin, S. M., & Khabibah, S. (2019). Relational Thinking in Problem Solving Mathematics based on Adversity Quotient and Visual Learning Style. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(4), 161–164.

Prasasti Abrar, A. I. (2016). Pembelajaran Berdasarkan Masalah Suatu Upaya Untuk Mengem-bangkan Kemampuan Pemahaman Dan Representasi Matematik Siswa. MaPan, 4(1), 1–10.

https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a1

Rahman, A., & Ahmar, A. S. (2016). Exploration of mathematics problem solving process based on the thinking level of students in junior high school. International Journal of Environmental and Science Education, 11(14), 7278–7285. https://doi.org/10.5281/zenodo.240664

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824.

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964

Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses pemecahan masalah matematika siswa melalui pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning ). Artikel Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.317

Susanto, H., & Permadi, H. (2019). Profil Berpikir Relasional Siswa Visual Berdasarkan Gender dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(11), 1570-1575.

Susilawati, Anriani, N., & Hendrayana, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Abad 21 Untuk Guru Matematika (SMP/MTs) Pada Materi Peluang. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Da-sar UNJ, 529–533.

Syahputra, E. (2019). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN (Vol. 1, No. 1, pp. 1277-1283).

Tafrilyanto, C. F. (2016). Profil Berpikir Relasional Siswa SMA Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent. Sigma, 2(1), 5–12.

https://doi.org/10.0324/sigma.v2i1.70

Tambunan, H. (2019). The Effectiveness of the Problem Solving Strategy and the Scientific Approach to Students’ Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills. International Electronic Journal of Mathematics Educa-tion, 14(2), 293–302.

https://doi.org/10.29333/iejme/5715

Tatak, A., Kurniawan, H., & Rudhito, M. A. (2016). Kemampuan Berpikir Relasional Siswa dalam Mengerjakan Soal Kontekstual dengan Pendekatan Realistik Pada Topik Fungsi Linear. Kreano, 7(2), 136–144.

https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5013

Ummah, S. K. (2018). Pelatihan Pembuatan E-Learning sebagai Sarana Evaluasi Pembelaja-ran Matematika Di SMA Muhammadiyah 1 Jombang. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 117-121.. https://doi.org/10.31604/jpm.v1i3.117-127

Ummah, S. K., In’am, A., & Azmi, R. D. (2019). Creating Manipulatives : Improving Students ’ Creativity Through Project-Based Learning. 10(1), 93–102.

https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5093.93-102

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252

Wantika, R. R. (2019). Profil Berpikir Relasional Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. SNHRP, 2, 597-602.

Wardani, D. L., & Susanah. (2020). Profil berpikir relasional dalam pemecahan masalah ma-tematika siswa SMA ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 552-561. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p552-561

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.

Zahra'Ashri, H., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Transformasi Geometri Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 22-31.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.