Profil Pengetahuan Konseptual Siswa SMP di Jenjang Proses Kognitif Menganalisis Pada Materi Segi Empat Berdasarkan Jenis Kelamin
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil pengetahuan konseptual siswa SMP di jen-jang menganalisis pada materi segi empat berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Subjek penelitian, 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan berkemampuan matematika sedang, ke-las VIII SMPN 3 Waru Sidoarjo tahun pelajaran 2013/2014. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara berbasis tugas. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Tidak terdapat perbedaan pengetahuan konseptual subjek laki-laki dan perempuan di jenjang menganalisis. Baik subjek laki-laki maupun perempuan kurang dapat mengidentifikasi sifat-sifat segi empat dengan tepat sehingga tidak dapat mengorganisasikan keterkaitan antarbangun berdasarkan sifat-sifatnya.
Kata Kunci: pengetahuan konseptual, menganalisis, jenis kelamin, segi empat.
Abstract
This study aims to describe conceptual knowledge profile of the Junior High School students’ in evaluating stage of quadrilateral material based on sex difference. The subjects of this study consist of two male and two female seventh grade students of SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo academic year 2013/2014 that have average mathematics ability. The researcher employed test and interview guide as the instruments of the study. The instruments of this study are test sheet and interview guide. Data collection is conducted through by task based interview. Data analysis is done conducted in qualitatively descriptive qualitative-descriptive by reducing the data, presenting the data, and drawing the conclusion reducing, presenting and concluding data. There is no a difference of conceptual knowledge between male and female subjects in analyzing stage. There is no conceptual knowledge difference between male and female subjects in analyzing stage. Both of them less can identify the characteristic of quadrilateral exactly, so cannot organize the relationship among planes based on their characteristic. Both of them are less in identifying the properties of quadrilateral such that all subjects cannot organize the relation among planes based on their properties.
Keywords : conceptual knowledge , analyzing stage, sex difference, quadrilateral.
Full Text:
PDFReferences
Amalia, R. 2013. Penerapan Model Pem-belajaran Pembuktian untuk Mening-katkan Kemampuan Berpikir Mate-matis Tingkat Tinggi Siswa SMA. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.). 2001. A taxonomy for lear-ning, teaching and assessing: A revi-sion of Bloom's Taxonomy of edu-cational objectives: Abridged edition. New York: Longman
Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Ja-karta: Depdiknas
Devi, K.P. 2009. Pengembangan Soal “Higher Order Thinking Skill” da-lam Pembelajaran IPA SMP/MTS, (online).
Fety, I.P. 2012. Upaya Meningkatkan Mo-tivasi Belajar Ilmu Gizi Siswa Me-lalui Pembelajaran dengan Bantuan Tutor Sebaya di SMK N 3 Wonosa-ri. Tesis. Yogyakarta: UNY.
Nafian, M. I. 2011. Kemampuan Siswa da-lam Menyelesaikan Soal Cerita Di-tinjau dari Gender di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Mate-matika dan Pendidikan Matematika dengan tema ”Matematika dan Pen-didikan Karakter dalam Pembela-jaran”, pp: 571-577. UNY: Yogya-karta.
Rohana, Yusuf H, & Purwoko. 2009. Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Statistika Dasar di Program Studi Pendidikan Matema-tika FKIP Universitas PGRI Palem-bang, artikel dalam Jurnal Pendidi-kan Matematika, Vol. 3, pp: 92-101.
Saiman. 2012. Profil Pengetahuan Konsep-tual dan Pengetahuan Prosedural Sis-wa SMA dalam Nugrahaningsih, Theresia Kriswiand. 2011. Profil Metakognisi Siswa Kelas Akselerasi dan Non Akselerasi SMA dalam Me-mecahkan Masalah Matematika Di-tinjau dari Perbedaan Gender. Di-sertasi. Tidak dipublikasikan. Sura-baya: Universitas Negeri Surabaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.