Keefektifan Model Guided Inquiry dengan Pendekatan Keterampilan Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Nur Sholikhah, Endang Retno Winarti, Ary Woro Kurniasih

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan keterampilan metakognitif dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi prisma,  (2) apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan keterampilan metakognitif lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran STAD pada materi prisma. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan peme-cahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pem-belajaran guided inquiry dengan pendekatan keterampilan metakognitif dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi prisma, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah ma-tematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan keterampilan metakognitif lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran STAD. Simpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan keterampilan metakognitif efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi prisma.         

                            

Kata kunci:      Guided Inquiry; Kemampuan Pemecahan Masalah; Metacognitive Skills.

 

Abstract

The purposes of this research were to determine: (1) whether the student’s mathematics problem solving ability that got guided inquiry learning model with metacognitive skills approach can achieved mastery in prism material, (2) whether the average of student’s mathematics problem solving ability that got guided inquiry learning model with metacognitive skills approach better than the average of student's mathematics problem solving ability that got STAD learning model in prism material. The data collection method in this research was test method and observation method. The results shown that: (1) student's mathematics problem solving ability that got guided inquiry learning model with metacognitive skills approach can be achieved mastery in prism material, (2) the average of student's mathematics problem solving that got guided inquiry learning model with metacognitive skills approach better than the average of student's mathematics problem solving ability that got STAD learning model in prism material. The conclusion was the guided inquiry learning model with metacognitive skills approach is effective toward mathematics problem solving ability in prism material.

 

Keywords:         Guided Inquiry; Problem Solving Abilities; Metacognitive Skills.

Full Text:

PDF

References

Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Andini, N. 2009. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran TAI dengan Pendekatan Keterampilan Metakognitif Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII pada Materi Segiempat. Skripsi. UNNES.

Anni, C.T. & A. Rifa’I, R.C .2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Ifeoma, O.Y. dan E. Kate Oge. 2013. Effects of Guided Inquiry Method on Secondary School Students’ Perfor-mance in Social Studies Curriculum in Anambra State, Nigeria, artikel dalam British Journal of Education, Society & Behavioural Science, Vol. 3(3), pp. 70-81.

Jack, G.U. 2013. Concept Mapping and Guided Inquiry as Effective Techniques for Teaching Difficult Concepts in Chemistry: Effect on Students’ Academic Achievement, artikel dalam Journal of Education and Practice, Vol. 4(5), pp. 9-15.

Maulana. 2008. Metacognitive Approach as an Alternative of Mathematics Learning for Improving Critical Thinking Skill of PGSD Students, artikel dalam Basic Research Journal, Vol. 18(10), edisi Oktober, pp. 1025-1035.

NCTM. 2013. Instructional programs from prekindergarten through grade 12 should enable all students. Diunduh di www.standard.nctm.org tanggal 1 maret 2013.

Sapa’at, A. 2008. Metakognitif Belajar Bagaimana untuk Belajar. Diunduh di http://sahabatguru.wordpress.com/2008/12/11/metakognitif-belajar-bagaimana-untuk-belajar tanggal 20 februari 2013.

Siswandi. 2012. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP:Universitas Pendidikan Indonesia. Diunduh di http://repository.upi.edu/.../s_fis_0700554.pdf tanggal 20 februari 2013.

Wiratmana, dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Guide Inquiry dan Model Pembelajaran Pogil Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V SD di Desa Yehembang. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.