Keefektivan PMRI Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Serupa PISA Pada Kelas VII

Riyanto Riyanto, Wardono Wardono, Kristina Wijayanti

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektivan pembelajaran dengan metode Pendidi-kan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah serupa PISA siswa pada materi segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran tahun pelajaran 2012/2013. Pemilihan sampel dengan cara random sampling, diperoleh siswa kelas VII-I dan siswa kelas VII-J se-bagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan metode PMRI berbantuan alat peraga, sedangkan kelas kontrol diajar dengan metode ekspositori. Data di-peroleh dengan metode observasi untuk mengamati aktivitas belajar guru dan metode tes untuk menentukan hasil belajar siswa yang kemudian dianalisis dengan uji ketuntasan dan uji perbedaan rata-rata: uji satu pihak (pihak kanan). Hasil penelitian adalah (1) hasil be-lajar siswa kelas eksperimen belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal, (2) rata-rata ke-mampuan pemecahan masalah serupa PISA kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan (3) skor rata-rata aktivitas guru kelas ekperimen dan kelas kontrol memiliki kategori baik.

 

Kata kunci:       Kualitas Pembelajaran; PISA; PMRI.

 

 

Abstract

The purpose of this research was to determine the effectiveness of learning by Teams Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) assisted on figure tools to the problem solving skills PISA student on quadrilateral material. The population in this study is student of VIIth grade class of 3 Ungaran junior high school on period 2012/2013. The selection of the sample is done by random sampling which is gotten students class VII-I and students class VII-J as the experimental class and the controlling class. Experimental class was taught by PMRI assisted on figure tools, while the controlling class was taught with the expository method. Data obtained by the observation method to observe the activities of teacher learning and test methods for determining student learning achievement are then analyzed to the thoroughness test and the average difference test: one side test (right side). The results of this research are (1) The students achievement of experimental class not yet achieved the minimum completeness criteria, (2) the average the problem solving skills PISA of experimental class learning better than controlling class, and (3) score average of teacher activity of experimental class and controlling class have a good category.

 

Keywords:          PISA; PMRI; Quality of teaching.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2005. Prosedur Penelitian (E-disi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J.W. 2008. Educational Research. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Dhoruri, A. 2010. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

OECD. 2010. Mathematics Framework: Draft Subject to Possible revision after the Field Trial. Diakses dari www.oecd.org

Sembiring, R.K. 2010. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya, artikel dalam IndoMS Journal of Mathematics Education, Vol. 1(1), pp. 11-16.

Siswono, T.Y.E. 2004. Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpandu dengan Model Wallas dan Creative Problem Solving (CPS), artikel dalam Buletin Pendidikan Matematika, Vol 6, pp. 10-12, Edisi Oktober. ISSN: 1412-2278. Ambon: UNPATTI.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suryanto, dkk. 2010. Sejarah pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI). Yogyakarta: FMIPA UNY.

Uno, H.B. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.