Efektivitas Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Aspek Koneksi Matematika
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan siswa pada aspek koneksi matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures mencapai ketuntasan belajar, lebih baik dibandingkan dengan kemampuan siswa pada aspek koneksi matematika yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat mencapai KKM, hasil belajar pada aspek kemampuan koneksi matematika dengan pembelajaran Conceptual Understanding Procedures lebih baik dibandingkan dengan kemampuan koneksi matematika yang mendapat pembelajaran ekspositori, dan adanya pengaruh positif motivasi belajar pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap hasil belajar siswa pada aspek kemampuan koneksi matematika. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Conceptual Understanding Procedures efektif terhadap kemampuan koneksi matematika siswa.
Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematika, Materi Segiempat, Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures.
Abstract
This study aimed to determine whether the ability of students in connection aspect of mathematics is taught using learning model Conceptual Understanding Procedures achieve mastery learning, and the ability of students in connection aspect of mathematics is taught using Conceptual Understanding Procedures learning model is better than the ability students on aspects of mathematical connections that get expository learning. Sampling was done by random sampling. Results showed that the learning outcomes can achieve KKM, the results of study on aspects of mathematical connections with the learning ability of Conceptual Understanding Procedures better than the mathematical connection ability gets expository learning, and the positive influence motivation and learning Conceptual Understanding Procedures on learning outcomes of students in aspects of mathematical connection capabilities. So it can be concluded that the application of effective instructional Procedures Conceptual Understanding the mathematical connection ability students.
Keywords: The Ability to Connect Mathematics, Material Quadrilateral, Conceptual Understanding Procedures Learning Model.
Full Text:
PDFReferences
Coxford, A. F. 1995. The Cas for Connections, dalam Connecting Mathematics across the Curriculum. Editor: House, P. A. dan Coxford, A. F. Reston. Virginia: NCTM
Mck, B. I. dan Pam M. 2003. CUPs. [online]. Tersedia: http://www.education.monash.edu.au/research/groups/smte/projects/cups/
Permana, Y. & U. Sumarmo. 2007. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah, artikel dalam Educationis, Vol. 1(2), pp. 116-123.
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Winasmadi, P.A. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Concept Attainment Berbantuan CD Interkatif pada Materi Segitiga Kelas VII, artukel dalam Jurnal PP, Vol. 1(2), pp. 119-126.
Refbacks
- There are currently no refbacks.