Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Model Taba Berbantuan Geometer’s Sketchpad

Amalia Fikri Utami, Masrukan Masrukan, Riza Arifudin

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran model Taba berbantuan Geometer’s Sketchpad (GSP) pada materi segiempat. Desain penelitian yang digunakan adalah the non-equivalent control group de-sign yang merupakan bagian dari kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Jepara tahun pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjuk-kan: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 mencapai ketuntasan belajar klasikal; (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2, dan kelas kontrol; dan (3) pada kelas eksperi-men 1 terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi segiempat de-ngan kategori sedang. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pem-belajaran model Taba berbantuan GSP dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi segiempat.

 

Kata kunci:      Geometer’s Sketchpad (GSP); Kemampuan Berpikir Kreatif; Model Pembelajaran Taba

 

 

Abstract

This research aimed to increase students' creative thinking ability through the Taba learning model assisted by Geometer's Sketchpad (GSP) in quadrilateral material. Research design that used is the non-equivalent control group design, part of a quasi-experiment. The population in this research were students of grade VII SMP N 1 Jepara 2012/2013 academic year. The results showed: (1) the creative thinking ability of students in the 1st experimental class and the 2nd experimental class could achieve classical minimum mastery criteria; (2) there is a difference in the students' creative thinking ability among the 1st experimental class, the 2nd experimental class, and the control class; and (3) in the 1st experimental class there is an increase in students' creative thinking ability with medium category. The conclusion of this experiment is the Taba learning model assisted by GSP can increase students’ creative thinking ability.

 

Keywords: Creative Thinking Ability; Geometer’s Sketchpad (GSP); The Taba Learning Model 

Full Text:

PDF

References

Awang, H. & Ramly, I. 2008. Creative Thinking Skill Approach Through Problem-Based Learning: Pedagogy and Practice in the Engineering Classroom, artikel dalam International Journal of Human and Social Sciences, Vol. 3(1), pp. 18-23.

Eggen, P. D., Kauchak, D. P., & Harder, R. J. 1979. Strategies for Teachers: Information Processing Models in the Classroom. Englewood Cliffs, New Jersey: Pretince/Hall International, Inc.

Furner, J. M. & Marinas, C. A. 2006. Geometry Sketching Software for Elementary Children: Easy as 1, 2, 3, artikel dalam Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, Vol. 3(1), pp. 83-91.

Idris, N. 2007. The Effect of Geometer’s Sketchpad on the Performance in Geometry of Malaysian Students’ Achievement and van Hiele Geometric Thinking, aritkel dalam Malaysian Journal of Mathematical Sciences, Vol. 1(2), pp. 169-180.

Jiang, Z., White, A., & Rosenwasser, A. 2011. Randomized Control Trials on the Dynamic Geometry Approach, artikel dalam Journal of Mathematics Education at Teachers College, Vol. 2, pp. 8-17.

Joyce, B. & Weil, M. 1980. Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Pretince/Hall International, Inc.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011-2012.

Kesan, C. & Caliskan, S. 2013. The Effect of Learning Geometry Topics of 7th Grade in Primary Education with Dynamic Geometer’s Sketchpad Geometry Software to Succes and Retention, artikel dalam The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol. 12(1), pp.131-138.

Kim, K. H. 2006. Can We Trust Creativity Test? A Review of the Torrance Tests of Creative Thinking (TTCT), artikel dalam Creativity Research Journal, Vol. 18(1), pp. 3-14.

Mahmudi, A. 2011. Pengaruh Strategi MHM Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Persepsi Terhadap Kreativitas. Yogyakarta: FMIPA UNY. Makalah ini termuat pada Jurnal Cakrawala Pendidikan Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2011.

Munandar, U. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nordin, Zakaria, Mohamed, & Embi. 2010. Pedagogical Usability of the Geometer’s Sketchpad (GSP) Digital Module in the Mathematics Teaching, artikel dalam The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol. 9(4), pp. 113-117.

Nur’aeni, I. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Geometri Dengan Pendekatan Induktif Berbantuan Geometer's Sketchpad. Tesis. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia di http://repository.u

pi.edu/disertasiview.php?no_tesis=2306 [diakses 6-1-2013].

Prieto, M. D., Parra, J., Ferrando, M., Ferrandiz, C., Bermejo, M. R., & Sanchez, C. 2006. Creative Abilities in Early Childhood, artikel dalam Journal of Early Childhood Research, Vol. 4(3), pp. 277-290. Tersedia di http://www.sagepub.com

/eis2study/articles/Prieto%20Parra%2

Ferrando2Ferraniz%20Bermejo%20and%20Sanchez.pdf [diakses 21-2-2013].

Ruseffendi, H. E. T. 2010. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnnya. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media.

Siswono, T. Y. E. 2004. Mendorong Berpikir Kreatif Siswa Melalui Peng-ajuan Masalah (Problem Posing). Makalah dipresentasikan pada Konferensi Nasional Matematika XI, Universitas Udayana Denpasar, 23-27 Juli.

Siswono, T. Y. E. 2006. Desain Tugas untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika, artikel dalam Jurnal Pancaran Pendidikan, FKIP Universitas Negeri Jember, Vol. 19(63), pp. 495-509.

Widdiharto, R. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.