E-Module Development of Linear Programs Based on Students' Conceptual Understanding

Fransiska Dwi Lestari, Ali Syahbana, Allen Marga Retta

Abstract

The purpose of this study is to create an E-Module based on conceptual understanding of linear programming that is valid, practical, and understands the potential effects of E-Modules. The Research and Development (R&D) method was used in this study. This study employs the ADDIE model development procedure, which consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The E-Module is declared "valid" based on the assessments given by three validators with four aspects assessed, namely content feasibility, presentation feasibility, language feasibility, and graphic feasibility, with a total percentage of 79.8 percent. The E-Module was regarded "highly practical" based on the results of student response surveys in the small and large groups, which received 83.8 percent and 81.5 percent, respectively. Based on the findings of the teacher response questionnaire, the E-Module was declared "highly practical" with a score of 92 percent. Based on the student learning outcomes test, the e-module is determined to have a "good" potential effect with a score of 66.7 percent.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis pemahaman konsep pada materi program linear yang valid, praktis dan mengetahui efek potensial E-Modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini mengggunakan prosedur pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil dari penelitian ini adalah E-Modul dinyatakan “valid” berdasarkan penilaian yang diberikan oleh tiga validator dengan empat aspek yang dinilai yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafisan dengan jumlah persentase sebesar 79,8%. E-Modul dinyatakan “sangat praktis” berdasarkan hasil angket respon peserta didik pada kelompok kecil (Small Group) dan kelompok besar yang masing-masing mendapat persentase sebesar 83,8% dan 81,5%. Serta E-Modul dinyatakan “sangat praktis” berdasarkan hasil angket respon guru dengan persentase sebesar 92%.  E-modul dinyatakan memiliki efek potensial “baik” berdasarkan tes hasil belajar peserta didik yang dengan persentase sebesar 66,7%.

Keywords

Pengembangan; E-Modul; Program Linear; Pemahaman Konsep; Development; E-Module; Linear Programs; Conceptual Understanding

Full Text:

PDF

References

Afrianti, R. E., & Abd. Qohar. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual pada Materi Program Linear Kelas XI. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 7(1), 22-29.

Ahmad, H., Nurhidayah, & Nurdin. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Program Linear. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 1-14.

Andini, D., & Supriadi, N. (2018). Media Animasi Menggunakan Macromedia Flash Berbasis Pemahaman Konsep Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 149-145.

Andriyani, A., & Ratu, N. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linear ditinjau dari gaya kognitif siswa. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 16-22.

Anwar, Y. S., & Abdillah, A. (2018). Penerapan Teori Apos (Action, Process, Object, Schema) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Program Linier Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2015/2016. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 7(2), 53-60.

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 433-441.

Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221053.

Fitri, R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi persamaan lingkaran. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 241-257.

Gunawan, H. (2018, July). Efektifitas penggunaan e-modul terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG (Vol. 5, No. 05).

Idris, S. (2015). Peningkatan hasil belajar program linear melalui strategi pembelajaran Inkuiri dan Geogebra siswa kelas XII IPA1 SMA N 1 Tompobulu. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 2(3), 114-153.

Khairani, B. P., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1578-1587.

Mursalina, D., Marhamah, M., & Retta, A. M. (2021). Development Students Worksheet Using Ethnomathematics-based CTL Approach on SLETV Subject Material for Grade X. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 12(1), 118-129.

Nafi’ah, B., & Suparman, S. (2019). Pengembangan E-Modul Program Linear Berorientasi Higher Order Thinking Skills Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa SMK Kelas X. Prosiding Sendika, 5(1).

Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Astuti, D. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Dipadukan Dengan Geogebra Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Mata Kuliah Program Linier. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, Vol.6.

Rizki, S., & Linuhung, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual dan ICT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 137-144.

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 4(1), 51- 58.

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Sintiya, M. W., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 1-15.

Suci, RD.(2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Pada Siswa Kelas XI MIA Semester 1 SMA Negeri Jakenan Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Disertasi tidak dipublikasikan, Surakarta, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam pemecahan masalah matematika. Matematika, 19(2), 123-130.

Sunaryo, A. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Program Linier Kelas X. Journal On Education, 2(1), 96-103.

Suryadi, I., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PMRI Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3(1), 40-49.

Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Pendekatan Saintifik Di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 55-68.

Wicaksono, K. A. D., Handayanto, A., & Happy, N. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantu Media Powerpoint untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Program Linear. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(6), 461-466.

Zaqiyah, K., Lutfiyah, & Sulisawati, D. N. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung. LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 151-162.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.