Development of Phet Simulation-Based Mathematics Logic E-Modules in Increasing Students' Mathematical Reasoning Ability

Dwi Oktaviana, Utin Desy Susiaty, Muhamad Firdaus, Iwit Prihatin

Abstract

This research is represented through digital teaching with online learning simulations used by SMK teachers in learning mathematical logic that has not improved students' mathematical reasoning abilities. This study aims to describe the feasibility, attractiveness, and effectiveness of the PhET simulation-based mathematical logic e-module in improving students' mathematical reasoning abilities. This research method is the R and D. The research subjects were students of SMK Koperasi Pontianak majoring in Multimedia. Research data were collected using indirect communication techniques and measurements with data collection tools in the form of expert validation sheets, student and teacher response questionnaires, and test questions. Based on the results, it can be concluded that the e-module of mathematical logic with PhET simulation at the valid criterion, very interesting and effective. The results of this study can be implemented in the process of learning mathematical logic digitally through PhET simulation learning to improve students' mathematical reasoning abilities.

Penelitian ini direpresentasikan melalui bahan ajar digital dengan simulasi pembelajaran online yang digunakan oleh guru SMK dalam pembelajaran logika matematika belum meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, kemenarikan dan keefektifan dari e-modul logika matematika berbasis PhET simulation dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Metode penelitian ini adalah metode R and D. Subjek penelitian adalah siswa SMK Koperasi Pontianak tepatnya jurusan Multimedia. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik komunikasi tidak langsung dan pengukuran dengan alat pengumpul data berupa lembar validasi ahli, angket respon siswa dan guru serta soal tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa e-modul logika matematika dengan PhET simulation pada tingkat kriteria valid, sangat menarik dan efektif untuk menyelesaikan kesulitan pada siswa khususnya pada materi logika matematika. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan pada proses pembelajaran logika matematika secara digital serta melalui simulasi pembelajaran PhET simulation untuk lebih meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

Keywords

e-module; mathematical reasoning ability; PhET simulation

Full Text:

PDF Turnitin Check

References

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61–75.

Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri. Numeracy, 7(2), 192–206. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167

Fikri, M. K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Interaktif Pada Materi Rangka Batang Di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 8(2), 1-9.

Finkelstein, N. (2006). Hightech Tools for Teaching Physics: The Physics Education Technology Project. Merlot Journal Of Online Learning And Teaching, 2(3), 110–121.

Fithriani, S., Halim, A., & Khaldun, I. (2016). Penggunaan Media Simulasi PhET dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasan Kalor di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 45–52.

Furqan, H., Yusrizal, & Saminan. (2016). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa KElas X di SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 124–129.

Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal ABSIS, 4(1), 337–348. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1413

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018a). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018b). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.

Inanna, I., Ampa, A. T., & Nurdiana, N. (2021). Modul Elektronik (E-Modul) Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. In Seminar Nasional Hasil Penelitian (pp. 1232-1241).

Kartika, Y., Sanapiah, & Julaingkary, E. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Kerangka Elpsa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Logika Matematika. Pendidikan Matematika, 5(1), 67–74.

Kartika, Y., Sanapiah, S., & Juliangkary, E. (2017, April). Pengembangan Modul Logika Matematika Berkerangka ELPSA untuk Siswa Kelas X MA NW Sepit Tahun Pelajaran 2016/2017. ELPSA Conference I, 128–140.

Khainingsih, F. G., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 266-274. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2566

Konita, M., Asikin, M., & Noor Asih, T. S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 611–615.

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 306–315.

Mursalin. (2013). Model Remediasi Miskonsepsi Materi Rangkaian. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 1–7.

Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran memperbaiki unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasiannya dengan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktik, 3(1), 81-95.

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Modul Praktikum Logika Matematika Berbasis Phet Simulation Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 12–16.

Permatasari, L., & Marlina, R. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 505–511. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1998

Prihatin, I., Firdaus, M., Oktaviana, D., Susiaty, U. D., Studi, P., Matematika, P., Matematika, L., & Simulation, P. (2022). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan E-Modul Logika Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2), 252–259.

Prihatin, I., & Oktaviana, D. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Logika Matematika Berbasis Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif -Inovatif, 12(2), 189–199.

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497

Rahmawati, F., Pamungkas, M. D., & Ardiyanto, B. (2021). Pengembangan E-Modul Logika Matematika berbasis HOTS untuk Meningkatkan Divergent Thinking Skill. J. Didact. Math, 3(2), 68–74.

Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 263–274. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.608

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103

Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308.

Saputra, E., Jamilah, & Susiaty, U. D. (2022). Pengembangan E-Modul Etnomatematika Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 56–63. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.176

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672

Sidiq, R., & Ajuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.

Suharto, M. T., & Chotimah, S. (2018). Kemampuan Penalaran Matematik Siswa MTs. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 347-354. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p347-354

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10.

Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020, October). The ability of understanding mathematical concept and self-regulated learning using macromedia flash professional 8. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1657, No. 1, p. 012074). IOP Publishing.

Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265

Wiravanjava. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Phet Simulation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa SMP/MTs. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 269–275.

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.