Penggunaan Media Software GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII

Marini Oktaria, Akhmad Khairil Alam, Sulistiawati Sulistiawati

Abstract

Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa menjadi salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Hal ini diperkuat dengan hasil laporan TIMSS dan PISA yang menunjukkan rendahnya kemampuan matematika siswa Indonesia. Untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan representasi matematis digunakan suatu media pembelajaran matematika. Salah satu media pembelajaran matematika yang dapat merepresentasikan model matematika adalah software GeoGebra. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah software GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada materi SPLDV. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Islamic Village tahun ajaran 2015/2016 semester II sebanyak 29 orang dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes uraian untuk mengukur kemaampuan representasi matematis. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis pra eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media software GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Peningkatan yang diperoleh berada pada kategori sedang sebesar 0,651.

Low ability students 'mathematical representation became one of the causes of low achievement of students' mathematics learning. This was reinforced by the results of the TIMSS and PISA report which indicates a low ability students' mathematical Indonesia. To help students improve mathematical representation, it needs to use a medium of learning mathematics. One math learning media that can represent mathematical models were software GeoGebra. Therefore, this study aims to determine whether the software GeoGebra can improve students' mathematical representation at SPLDV material. The sample in this study were students VIII.2 SMP Islamic Village second half of the 2015/2016 school year a total of 29 people with purposive sampling. The research instrument is a test to measure ability description mathematical representation. The method in this research is quantitative method the type of pre experiment with one group pretest-posttest design. Analysis of experimental data was using non-parametric test of Wilcoxon Signed Ranks Test. The results showed that the use of GeoGebra software media can improve students' mathematical representation of the material system of linear equations of two variables (SPLDV). Increased obtained in middle category amounted to 0.651

Keywords

GeoGebra; representasi matematis; SPLDV

References

Artha, R. A., Bharata, H., & Caswita, C. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa”. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 2(4).

Astuty, V.W.D. & Rudhito, M.A. (2012). “Penggunaan Program GeoGebra dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII E SMP N 1 Nanggulan Kulon Progo Pokok Bahasan Grafik Garis Lurus pada Pembelajaran Remedial”. Proceeding dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta.

Hohenwarter, M., & Fuchs, K. (2004, July). “Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the software system GeoGebra”. In Computer Algebra Systems and Dynamic Geometry Systems in Mathematics Teaching Conference.

Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). “Teaching and learning calculus with free dynamic mathematics software GeoGebra”. In 11 th International Congress on Mathematical Education. Monterrey, Nuevo Leon, Mexico.

Kartini. (2009). “Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Meltzer, D. E. (2002). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores: Department of Physics and Astronomy, Iowa State University, Ames, Iowa 50011.

Mudzakir, H. S. (2006). “Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP”. (Tesis yang tidak dipublikasikan, Universitas Pendidikan Indonesia, 2006).

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Dikases dari http://www.ams.org/notice/200008/comm-ferini.pdf pada tanggal 1 November 2015.

Nursanti, R., & Hartoyo, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(5).

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Result in Focus What 15-year-olds Know and What They Can Do with What They Know. Paris: OECD.

Provasnik, S., Kastberg, D., Ferraro, D., Lemanski, N., Roey, S., and Jenkins, F. (2012). Highlights From TIMSS 2011: Mathematics and Science Achievement of U.S. Fourth-and Eight-Grade Students in a International Context (NCES 2013-009). National Center for Educations Statistics, Institute of Education Science, U.S. Department of Education. Washington, DC.

Rangkuti, A.N. (2014). “Representasi Matematis”. Forum Pedagogik, Vol. VI. No. 01 Januari 2014.

Santoso, S. (2001). Mengolah Data Statistik Secara Profesioanl. PT. Alex Media Komputindo. Jakarta.

Sumarmo, U. (2010). “Apa, Mengapa dan bagaimana Dikembangkan Peserta Didik”. Makalah. FPMIPA. UPI.

Wulandari, R. (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbantuan GeoGebra dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) pada Materi Persamaan Lingkaran untuk Siswa Kelas XI”. Skripsi. Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.