Strategi Siswa dalam Mengerjakan Soal Kontekstual dengan Pendekatan Matematika Realistik Topik Persamaan Linear Satu Variabel
Abstract
Pendidikan Matematika Realistik merupakan pendekatan dalam pembelajaran matematika yang sesuai dengan paradigma pendidikan sekarang. Pendidikan Matematika Realistik menginginkan adanya perubahan dalam paradigma pembelajaran, yaitu dari paradigma mengajar menjadi paradigma belajar. Pada Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) mengutamakan pengenalan konsep melalui masalah kontekstual, hal-hal yang konkrit atau dari lingkungan sekitar dengan proses matematisasi oleh siswa dengan mengkonstruksikan idenya sendiri. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan persamaan linier satu variable. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan matematika realistik dapat di lihat bahwa secara keseluruhan kegiatan pembelajaran sudah sesuai dengan rancangan pembelajaran, siswa dapat mengkonstruksi sendiri konsep persamaan linear satu variable dan beberapa kelompok dapat menyelesaikan masalah konstektual sebalum diajarkan cara mengerjakan terlebih dahulu. Saran, sebagai tenaga pengajar hendaknya menciptakan suatu inovasi yang dapat mengembangkan bakat, menumbuhkan minat dan meningkatkan kebiasaan belajar siswa, sehingga konsep belajar matematika yang diperolehnya diharapkan lebih baik.
Realistic Mathematics Education is an approach to learning mathematics in accordance with the current educational paradigm. Realistic Mathematics Education wants to change the paradigm of learning, from the paradigm of teaching to be learning. Realistic Mathematics Education (RME) prioritizing the introduction of concepts through contextual issues, things that are concrete or of the surrounding environment with a mathematical process by students with constructing his own. The purpose of this study was to describe how the process of implementation of realistic mathematics learning on the subject of one variable linear equations. This type of research is a qualitative descriptive. Based on the results of data analysis, that the understanding of math concepts students to approach realistic mathematics can be seen that the overall learning activities are in accordance with the lesson plan, students can construct their own concept of linear equations in one variable, and some groups can solve the contextual problem before teacher teach how to solve it first , Suggestions, as teachers should create an innovation that can make growing talent, cultivate interest and enhance the students' learning habits, so the concept is expected to study mathematics gained more better.
Keywords
Full Text:
PDF (Rev)References
Anita Lie. 2007. Cooperatif Learning: Mempraktikkan Cooperatif Learning Di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Diyah.2007. Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii SMP. Skripsi. Semarang: Univ. Negeri Semarang.
Miftahul Huda. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sumadi Suryabrata. 2014. Psikologi Pendidikan :Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto.2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Suryanto, dkk. 2010. Sejarah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik; Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Zainal Arifin. 2013. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.