Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMR untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

La Ose

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) yang berkualitas baik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume balok kelas VIII SMP. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian pengembangan dan eksperimen. Proses pengembangan perangkat pembelajaran ini mengikuti tahap pengembangan perangkat pembelajaran model 4-D Thiagarajan yang telah dimodifikasi tanpa penyebaran (disseminate). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMR yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Sedangkan eksperimen digunakan untuk menggambarkan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan membandingkan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan PMR dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada materi luas permukaan dan volume balok. Dari hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti diperoleh: 1) perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMR pada materi luas permukaan dan volume balok telah memenuhi kriteria perangkat pembelajaran yang baik karena dinyatakan valid, praktis dan efektif dan THB menunjukkan valid, reliabel dan sensitif; 2) pembelajaran dengan pendekatan PMR efektif untuk mengajarkan materi luas permukaan dan volume balok. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru mengelola pembelajaran minimal baik, siswa aktif dalam pembelajaran, respon siswa terhadap pembelajaran positif, dan ketuntasan klasikal tercapai yaitu 83%; 3) hasil belajar siswa meningkat berdasarkan analisis statistik inferensial dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan PMR lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada materi luas permukaan dan volume balok kelas VIII SMP.

This research aims at developing good Realistic Mathematic Education Approach Lesson Plan to increase Grade Eight Junior High School students’ learning result in the material of cuboid surface area and volume. This research is categorized as a research of experiment and development. This research applies modified Thiagarajan’s 4-D model of instructional design development by excluding the disseminating phase.  The results of this research are the lesson plan, the students’ worksheet, and the achievement test. The experiment phase in this research is intended to describe the effectiveness of the learning proses with Realistic Mathematic Education (RME) approach and also to compare the result of learning between those who learn with the realistic mathematic approach and those who learn with the conventional approach in the material of cuboid surface area and volume. The result of the analysis shows that (1) lesson plan applying the realistic mathematic approach for the material of cuboid surface area and volume has fulfilled the criteria of good instructional design as indicated to be valid, practical, and effective and the achievement test result is considered to be valid, reliable, and sensitive, (2) the learning process applying Realistic Mathematic Education (RME) approach is effective to teach the material of cuboid surface are and volume as it is indicated by the abilities of teacher to organize the learning process which reach minimally good criteria, the students are active, the students’ responses to the learning process are positive, and the classical result of learning reaches the percentage of 83%, (3) the students’ result of learning increases as indicated by the inferential statistical analysis. The result of learning of the students who learn with Realistic Mathematic Education (RME) approach is higher than that of the result of learning of the students who learn with conventional approach in the eighth grade of Junior High School material of cuboid surface are and volume.

Keywords

Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Pendidikan Matematika Realistik; PMR

References

Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip

Mulyasa E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Slavin, E. R.(2009). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. PT Indeks Jakarta

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika Indonesia (Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan). Jakarta: Depdiknas.Dirjen Dikti

Soedjadi, R. (2007). Masalah Kontektual Sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah, UNESA.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S.,& Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minneapolis: Indiana University

Tim Penulis. (2014). Buku Guru Matematika (edisi revisi) . Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta

Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., & Harningsih, E. (2009). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 1-14.

Wulandari, R., & Sunardi, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Pancaran Pendidikan, 3(1), 131-140.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.