Faktor Penentu Pilihan Karir Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (Tinjauan Social Cognitive Career Theory)
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris dan menganalisis pengaruh minat mahasiswa, prestasi belajar, dan eksposur karir mahasiswa Pendidikan akuntansi terhadap pilihan karir untuk menjadi guru. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dengan jumlah populasi mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Angkatan 2018 dan 2019 adalah 234 mahasiswa. Pemilihan sampel dengan menggunakan metode slovin dengan tingkat kesalahan 5% maka diperoleh sampel 148 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Sebanyak 148 kuesioner dikumpulkan untuk analisis data menggunakan sistem analisis statistik dengan persamaan regresi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Statistic Program of Social Science (SPSS) for Windows. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan minat mahasiswa, prestasi belajar, dan eksposur karir terhadap pilihan karir menjadi guru. Keterbatasan dari penelitian ini adalah penelitian hanya terbatas pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018 dan 2019 saja yang diteliti mengenai pilihan karir menjadi guru.