PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Windi Andriyani
Soeprodjo Soeprodjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ARIAS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga dan hidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Analisis data menggunakan statistik parametrik, dilengkapi dengan uji ketuntasan klasikal dan analisis deskriptif. Keterampilan berpikir kritis siswa diukur dari hasil jawaban uraian siswa dan di analisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada siswa kelompok kontrol. Rata-rata keseluruhan penguasaan siswa tiap indikator pada kelas eksperimen 2,67 yang berarti penguasaanya cukup. Sedangkan pada kelas kontrol rata-ratanya 1,47 yang berarti penguasaannya sangat rendah. Rerata keterampilan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen mencapai 70,5% dengan kategori baik sedangkan kelompok kontrol hanya mencapai 35,4% dengan kategori jelek. Jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran ARIAS efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 12 Semarang

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Windi Andriyani, Jurusan KIMIA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Allah is the best of assessors

References

Allo, E. 2005. Pembelajaran zat radioaktif berbasis komputer dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep, ketrampilan berpikir kritis dan sikap positif siswa. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Arend, B. 2009. Encouraging Critical Thinking in Online Threaded Discussions. University of Denver The Journal of Educators. 6(1): 1-23.
Colley, M.K. 2012. Reflection: a key component to thinking critically. The Canadian Journal for the Scholarship of Theacing and Learning. 3(1): 23-43.
Ennis, R. H. 2001. Critical thinking assesment. New York: Prentice Hall.
Facione, P.A. 2010. The disposition toward critical thinking. International Journal of Education. 20(1): 61-84.
Fisher, A. 2009. Berpikir kritis: sebuah pengantar. Terjemahan B. Hadinata. Jakarta : Erlangga.
Hashemi, S.A. 2011. The use of critical thinking in social science textbooks of high school. International Journal of Intruction. 4(1): 54-70.
Keller, J.M. 2006. What is motivational design. Artikel. Encyclopedia Article.
. 2010. ARIAS-Motivation Theory. Paper yang dipresentasikan pada VII Semanario. Santiago.
Khoiru, I., Ahmad H. & Syarifudin. 2011. Strategi pembelajaran sekolah terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Mattes, C.T.W. 2009. Theaching and learning critical thinking in science a general strategy. International Journal of Science Education. 57(3): 882-885.
Ningsih, K. 2010. Efektivitas model pembelajaran arias berbasis contextual teaching and learning dalam meningkatkan pencapaian kompetensi dasar sains pada siswa smp kota Pontianak. Jurnal Guru Membangun. 24(2): 153-165.
Nursalam, M. 2007. Penerapan pembelajaran berbasis computer model tutorial untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di madrasah aliyah negeri se-kota Bandung. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Paul, R & Nosich, G. M. 2004. A model for the national assesment of higher order thinking. Paper. United States Department of Education.
Perkins, C & Murphy, E. 2006. Identifying and measuring individual engagement in critical thinking in online discussions. Journal International of Educational Technology & Society. 9(1): 298-307.
Quitadamo, T.J. & Kurtz, M.J. 2007. Learning to improve: Using writing to increase critical thingking performance in general education biology. Journal of College Science Theacing. 36(6): 140-154.
Siahaan, P., Setiawan, W. & Sa’adah. 2010. Penerapan model arias (assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction) dalam pembelajaran tik (teknologi informasi dan komunikasi). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 3(1): 23-17.
Sudiarsana, I.N. 2012. Penerapan model pembelajaran arias untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan faktor bilangan kelas iv di sdn 47 Cakranegara tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal PPKHB. 1(1): 121-130.
Thompson, C. 2011. Critical thinking across the curriculum: process over output. International Journal of Humanities and Social Science. 1(9): 1-7.