KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
Masalah yang sering muncul dalam mempelajari kimia adalah kesulitan siswa dalam memahami konsep kimia sehingga siswa belajar hanya melalui hafalan tanpa mengetahui konsepnya (makna). Hal ini mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh siswa kurang baik. Sehingga diperlukan suatu pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Pemalang materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil kelas eksperimen memiliki rata-rata 82,21 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 76,38. Berdasarkan analisis, diperoleh ketuntasan belajar klasikal pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 29 dari 33 siswa dan 21 dari 34 siswa secara berturut-turut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran PBI efektif terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Pemalang pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Kata kunci: Hasil Belajar; Keefektifan; Konsep; Model Problem Based Instruction; Pemecahan Masalah
Abstract
Problems are often encountered in learning Science Chemist is difficulty of studets to know which is the chemist concepts, so they will just study by memorize without know the concepts (means). It can make the student achivement are not god. so it needed learning process by emphasize to problem solving. This research is aimed to determined the effectiveness of Problem Based Instruction (PBI) model’s for student achivement grade students of SMAN 1 Pemalang of material solubility and solubility product. Design that used in this research were a nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampling technique used was cluster random sampling, derived class XI IPA 4 as the experimental class and class XI IPA 2 as the control class. The results of the study, obtained results of the experimental group had an average of 82.21 and a control group had an average of 76.38. Results showed mastery of classical learning in the experimental class and control class is 29from 33 students and 21 from 34 students respectively. The Results of data analysis showed that PBI learning model’s effective with student achivement class XI of SMAN 1 Pemalang of the material solubilty and solubility product.
Keywords: Concepts; Effectiveness; Problem Based Instruction Model’s; Problem Solving; Student achievement
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Andreany, A., Taufik & Zulherman. 2011. Effectiveness of learning model problem based Instruction on the result of studying physics in SMP state 6 Indralaya. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Unsri, 19 November 2011.
Costu, B. 2008. Learning Science through The PDEODE Teacing Strategy: Helping Student Make Sense of Everyday Situations. Eurasia Journal of Mathematics, Science, and Technology Education, 2(2): 3-9.
Dwijananati P, Yulianti D. 2010. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Pembelajaran Problem Based Instruction pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6:108-114
Ibrahim, M & Muhamad Nur. 2005. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa- University Press
Indarti. 2011. Penerapan Model Pembelajran Berdasarkan Masalah pada Pelajaran IPA Materi Zat Aditif Makanan dan Kaitannya dengan Kesehatan di Kelas VII SMP Negeri 2 Malang. PENSA E-Jurnal
Melati, H.A. 2011. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Siswa SMAN 1 Sungai Ambawang melalui Pembelajaran Model Advance Organizer Berlatar Number Heads Together (NHT) pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 12: 619-630
Mergendoller, J.R., Maxwell, N.L. & Bellisimo, Y. 2006. The Effectiveness of Problem-Based Instruction: A Comparative Study of Instructional Methods and Student Characteristics. Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Suatu Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nandal, S. 2011. Effectiveness Analysis of Problem Based Learning Vs Traditional Lecture Method. BLZ n Bytes-a quarterly Pulized of Applied Management & Computer Science-ISSN No (0876-0458) volume 3-Agustus 2011
Nirmalasari, M. 2011.Pengembangan Model Memorization Learning dalam Meningkatan Pemahaman Peserta Didik pada Pelajaran Kimia SMA. Edisi Khusus No.1, Agustus 2011
Redhana, I Wayan. 2007. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Kuliah Kimia Dasar II. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, 40(2): 317-335
Rusmiyati A & Yulianto A. 2009. Peningkatan Keterampilan Proses Sains dengan Menerapkan Model Problem Based-Instruction. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5: 75-78
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sunyono, Wirya, I.W., Suyanto, E. & Suyadi, G. 2009. Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Propinsi Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA-FKIP Universtas Lampung. Th.2009-1
Tarhan, L., Kayali, H.A, Urek.R.O. & Acar, B. 2008. Problem- Based Learning in 9th Grade Chemistry Class: ‘Intermolecular Forces’. Research in Science Education, 38: 285-300