Analisis Instrumen Performance Assessment dengan Metode Generalizability Coefficient pada Penilaian Keterampilan Dasar Laboratorium

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Laily Noor Izza
Endang Susilaningsih
Harjito Harjito

Abstract

Fenomena saat ini, pelaksanaan penilaian hasil belajar di lembaga pendidikan pada umumnya menggunakan paper and pencil test, sedangkan penilaian individu mahasiswa saat melakukan kinerja dan keterampilan dalam melakukan praktikum masih belum teramati dan terukur dengan baik. Alternatif tes yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan belajar mahasiswa adalah penilaian kinerja (performance assessment). Penelitian ini dilakukan pada praktikum kimia dasar Universitas Negeri Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah instrumen performance assessment yang merupakan hasil penelitian dapat digunakan untuk menilai keterampilan dasar laboratorium mahasiswa. Pada penelitian ini instrumen penilaian kinerja dianalisis menggunakan metode generalizability coefficient berdasarkan teori Thorndike. Penelitian ini merupakan penelitian analisis instrumen performance assessment untuk mengetahui kualitasnya (validitas dan reliabilitas). Instrumen penilaian kinerja hasil penelitian dapat dikatakan baku dan layak digunakan, jika memenuhi validitas konstruk dan koefisien generalisabilitas ?0,700. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian kinerja memiliki koefisien generalisabilitas sebesar 0,805. Hal ini berarti bahwa instrumen penilaian tersebut secara konseptual sudah layak untuk digunakan. Sedangkan validitas instrumen ini merupakan validitas konstruk, yang dilakukan oleh dosen pembimbing 1, pembimbing 2, dan dosen-dosen kimia pengampu mata kuliah praktikum kimia dasar. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa instrumen penilaian kinerja hasil penelitian sudah baku dan dapat digunakan untuk menilai keterampilan dasar laboratorium mahasiswa.

Kata Kunci: Performance assessment; metode Generalizability Coefficient; Keterampilan dasar laboratorium

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>