Implementasi Performance Assessment Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI melalui Kegiatan Praktikum

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nur'aini Muharomah
Saptorini Saptorini
Kasmui Kasmui

Abstract

Pembelajaran kimia tidak hanya cukup dengan teori di kelas, namun perlu praktik nyata di laboratorium. Adanya kegiatan praktikum tentu memerlukan alat evaluasi yang tepat untuk menilai aktivitas belajar siswa selama melakukan praktikum. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi performance assessment terhadap aktivitas belajar siswa melalui kegiatan praktikum. Desain penelitian ini menggunakan post test-only control group design. Analisis data awal menunjukkan populasi memiliki homogenitas sama dan data berdistribusi normal. Populasi penelitian meliputi siswa kelas XI tahun ajaran 2015/2016 SMA N 1 Cawas, pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI UNG 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data aspek psikomotorik terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa di kelas kontrol maupun eksperimen untuk praktikum (1) ke (2). Dari aspek afektif, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu 88,75 dan 80,56. Setelah post test, diketahui nilai rata-rata hasil belajar aspek kognitif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kontrol yaitu 84,40 dan 70,40. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi performance assessment berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)