PENGARUH PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ischan Afsita Varadela
Saptorini Saptorini
Endang Susilaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing yang berbantuan lembar kerja praktikum (LKP) terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Populasi terdiri atas enam kelas XI MIPA SMA N 1 Jepara. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah experimental design. Data penelitian diambil dengan instrumen non tes berupa lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana, penentuan koefisien determinasi, dan analisis deskriptif keterampilan proses sains dan tanggapan siswa. Hasil analisis regresi linier sederhana menghasilkan koefisien β1 bernilai positif yang berarti terdapat korelasi positif atau searah. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan kontribusi LKP, praktikum, dan presentasi masing-masing sebesar 61,31%; 55,08%; dan 53,77% pada keterampilan proses sains. Hasil observasi menunjukkan bahwa proporsi siswa kelas eksperimen yang mencapai kategori sangat baik dan baik yaitu 1,00 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0,68. Analisis tanggapan siswa menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing yang berbantuan lembar kerja praktikum berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa SMA N 1 Jepara pada materi larutan penyangga.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)