KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING PADA HASIL BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Maulidiawati Maulidiawati
Soeprodjo Soeprodjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada hasil belajar kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA N 8 Semarang. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas eksperimen XI IPA 1 dan kelas kontrol XI IPA 2 dengan jumlah siswa masing-masing kelas 30 siswa. Sedangkan desain penelitian ini adalah post test only control design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,36 dengan proporsi ketuntasan klasikal 0,9 dan kelas kontrol 76,70 dengan proporsi ketuntasan klasikal 0,8. Berdasarkan hasil uji t proporsi ketuntasan belajar kedua kelas mencapai proporsi ketuntasan populasi. Pada uji perbedaan dua rata-rata satu pihak diperoleh thitung = 1,12 dan –t(0,95)(58) = -1,672, karena thitung lebih besar -t(0,95)(58) menunjukan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Keefektifan pembelajaran POGIL pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan ditunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, hasil belajar, proporsi ketuntasan hasil belajar kognitif telah mencapai proporsi ketuntasan klasikal, dan hasil belajar afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Bilgin, M. 2009. The effect of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning approach on university student’ achievement of acid and base concept and attitude toward guided inquiry instruction. Academic Journal Scientific Research and Essay. 4(10): 1038-1046
Djamarah, S.B. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Geiger, M. 2010. Implementing POGIL in allied health chemistry courses: insights from process education. International Journal of Process Education. 2 (1): 19-34
Hamdani, A.M. 2011. Strategi belajar mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hanson, D. M. 2006. Instructor's guide to process-oriented guided-inquiry learning. Lisle, IL: Pacific Crest.
Herawati, R.F. 2013. Pembelajaran kimia berbasis multiple representasi ditinjau dari kemampuan awal terhadap prestasi belajar laju reasi siswa SMA N 1 Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (2): 38-43
Jufri, W. 2013. Belajar dan pembelajaran sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Laliyo, L.A.R. 2011. Model mental siswa dalam memahami perubahan wujud zat. Jurnal Penelitian dan Pendidikan. 8 (1): 1-12
Majid, A. 2005. Perencanaan pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Natalina, M. 2013. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajbiologi siswa kelas XI IPA SMA N 5 Pekanbaru tahun ajaran 2011/2012. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. Lampung: 2013
Ningsih, S.M. 2012. Implementasi model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Unnes Physics Education Journal.1(2): 44-52
Rofiq, N. 2010. Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dalam pengajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Falasifa. 1(1): 1-14.
Sanjaya, W. 2008. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media
Simon, S.R & Shadle, S.E. 2013. Implementing process oriented guided inquiry
learning (POGIL) in undergraduate biomechanics: lessons learned by a Novice. Journal of STEM Education. 14(1): 56-62
Straumanis, A. 2010. Classroom implementation of process oriented guided inquiry learning. Online. Tersedia di http://guidedinquiry.org/misc/IG_2e.pdf [diakses 12-1-2014]
Widyaningsih, S. Y. 2012. Model MFI dan POGIL ditinjau dari aktivitas belajar dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar. Jurnal Inkuiri. 1 (3): 266-275
Yunus, S.R. 2013. Implementasi pembelajaran fisika berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar iswa auditorik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(1): 48-52
Zawadzki. 2009. Is process-oriented guided-inquiry learning (POGIL) suitable as a teaching methoding Thailand’s higher education? Asian Journal on Education and Learning. 1(2): 66-74.