PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruhpenggunaan model Problem Based Learning melalui pendekatan Two stay-twostray terhadap hasil belajar siswa kelas SMA N 1 pada materi pokok larutanpenyangga dan hidrolisis. Seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Ambarawasebagai populasi dalam penelitian ini, dengan dua kelas terpilih secara acaksebagai sampel penelitian masing-masing untuk kelas eksperimen dan kelaskontrol.Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi,dan angket.Analisis tahap awal menunjukkan bahwa populasi memiliki tingkathomogenitas sama dan data berdistribusi normal. Setelah diberi perlakuandilakukan postes,diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebihbaik daripada kontrol yaitu masing-masing sebesar 79,5 dan 72,176. Ujiperbedaan dua rata-rata hasil belajar diperoleh thitung (4,219) > ttabel (1,998),halinimenunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar antarkelompok. Uji korelasidiperoleh harga koefisien korelasi biserial (rb) sebesar 0,58 dan thitung (3,31) >ttabel (1,998), sehingga pengaruh yang ditimbulkan signifikan dengan hargakoefisien determinasi sebesar 33,69%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkanbahwa model PBL melaluipendekatan TSTS berpengaruh terhadap hasil belajarpada materi pokok larutan penyangga dan hidrolisisdengan kontribusi sebesar33,69%. Selain itu, model PBL melalui pendekatan TSTS mencapai ketuntasanbelajar klasikal sebesar 93,8% sehingga pembelajaranini efektif digunakan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arends, R. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Saptorini. 2007. StrategiBelajarMengajar. Kimia. Semarang: UNNES
Sugandi, A dan Haryanto. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Unnes.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syaodih sukmadinata, Nana. 2008. Metode Penelitian Pendidikan, cetakan keempat. Bandung:Remaja Rosdakarya offset.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wena, M. 2009. StrategiPembelajaranInovatifKontemporer
:SuatuTinjauanKonseptualOperasional. Jakarta :BumiAksara.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Saptorini. 2007. StrategiBelajarMengajar. Kimia. Semarang: UNNES
Sugandi, A dan Haryanto. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Unnes.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syaodih sukmadinata, Nana. 2008. Metode Penelitian Pendidikan, cetakan keempat. Bandung:Remaja Rosdakarya offset.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wena, M. 2009. StrategiPembelajaranInovatifKontemporer
:SuatuTinjauanKonseptualOperasional. Jakarta :BumiAksara.